Pembicaraan:Malahayati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
ProyekWiki Biografi (Dinilai kelas Stub)
Ikon ProyekWikiArtikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Biografi, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Biografi di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 Rintisan  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas rintisan pada skala kualitas proyek.
 

Tanpa mengurangi rasa hormat saya terhadap Laksamana Malahayati ini, kalau tidak salah VOC baru memiliki factorij mulai tahun 1601 menurut buku saya. Apa benar sudah ada perang besar-besaran tahun 1599? Meursault2004ngobrol 20:27, 30 Agustus 2007 (UTC)

Itu yang harus kita cari bersama, mumpung bung Mersault ada di Belanda, ada data terkait dengan Aceh dan Malahayati yang lebih lengkap tidak? Saya sedang cari-cari, terutama masa-masa kejayaan Aceh. Yang saya tau juga saat itu sudah terjadi perang besar antara Aceh dan Portugis. Malahayati juga terlibat dalam perang-perang yang terjadi, apakah itu melawan kerajaan sekitar Aceh, ataupun melawan Portugis. Dan rasanya juga Cornelis de Houtman tidak mewakili VOC saat itu, karena lautan masih dikuasai Portugis. Ia sedang mencari jalan, mungkin atas biaya kerajaan Belanda, agar dapat menghindari monopoli Portugis. aday(ngobrol) 05:36, 31 Agustus 2007 (UTC)

Kelihatannya memang Cornelis de Houtman baru cari-cari dagangan saja. VOC kan baru didirikan pada tahun 1602. Orang Portugis sih memang sudah berperang kira-kira 100 tahun sebelumnya. Tahun 1511 Melaka berhasil direbut. Nanti akan saya usahakan mencari-cari lagi. Meursault2004ngobrol 06:10, 31 Agustus 2007 (UTC)