Pembicaraan:Suiko

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gelar Kaisarina[sunting sumber]

Saya menggunakan gelar kaisarina, bukannya "Kaisar Wanita" atau "Maharani" karena
1. Penggunaan jenis kelamin setelah gelar tidak lazim digunakan dalam bahasa Indonesia. Bila kaisarnya pria, tentu kita tidak menulis gelarnya dengan "kaisar pria" dan ratu diganti "raja wanita." Kecuali bila memang tidak ada padanan lain, misal duchess diterjemahkan menjadi adipati wanita atau adipati putri.
2. Gelar kaisarina memang mirip dengan tsarina dari bahasa Slavia, karena memang gelar ini diturunkan dari kata yang sama, yakni Caesar. Kesamaan gelar di beberapa daerah karena proses adopsi gelar dari satu daerah ke daerah lain adalah sesuatu hal yang wajar. Sebagaimana gelar "raja" juga diambil dari gelar pemimpin di India.
3. Bila penguasa laki-lakinya disebut kaisar, penggunaan maharani untuk penguasa wanita menjadi lebih terkesan sebagai "permaisuri kaisar" daripada "kaisar wanita."
4. Terjadi ketimpangan dan ketidakserasian gelar. Bila prianya menggunakan gelar "kaisar", maka wanitanya baiknya menggunakan "kaisarina". Bila prianya menggunakan "maharaja", baru wanitanya serasi bila menggunakan gelar "maharani."
5. Gelar kaisarina sudah digunakan di buku terjemahan berjudul "ratu, permaisuri, selir" dan ebberapa literasi lain. Penggunaannya yang kurang akrab karena memang jarang sekali seorang wanita menjadi kaisar dalam sejarah. Namun di laman Kaisarina sudah dijelaskan mengenai gelar ini untuk menghindari kebingungan pembaca. Hafidh Wahyu P (bicara) 20 Februari 2017 01.27 (UTC)[balas]

@Hafidh Wahyu P: Kalo gitu gini deh, Anda bisa nunjukkin nggak literatur/buku/website mana yang menggunakan kata "Kaisarina" bahkan mungkin kalo bisa KBBI atau kamus sejenis ? Kalo Maharani kok malah ane ngerasa itu kata dalam bahasa Jawa. Cuman anehnya Mimihitam malah menyertakannya dalam artikel Dinasti Tang --Erik Fastman (bicara) 20 Februari 2017 01.43 (UTC)[balas]

Sekadar untuk menjelaskan. Saya menggunakan kata "Maharani" untuk pertama kalinya saat menerjemahkan artikel tentang Cixi. Sumbernya berasal dari salah satu novel tentang Cixi yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia yang menggunakan istilah "maharani". Salam  Mimihitam  22 Februari 2017 19.15 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Suiko that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 17 Oktober 2023 16.59 (UTC)[balas]