Pembicaraan:Linux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Terlalu banyak pranala di bagian bawah. Situs web tentang Linux memang banyak sekali, namun tidak semua perlu ditampilkan di sini. --Ikhlasul Amal 08:18, 26 Januari 2007 (UTC)

Setuju. Saya kita hanya perlu pranala ke situs resmi serta beberapa situs pilihan saja. Mungkin ada yang bisa membantu dalam pemilihan ini? Hayabusa future (\0-0/) 08:37, 26 Januari 2007 (UTC)
Usul saya: pranala yang diikutkan di halaman ini yang benar-benar tentang Linux, bukan tentang komunitas, penerbitan, atau distribusi misalnya. Toh, jika memang ada keperluan tentang hal tersebut dapat dituliskan di halaman terpisah, bukan semua disediakan di halaman Linux. Setuju? -- Ikhlasul Amal 15:16, 11 Februari 2007 (UTC)

Kalimat yang membingungkan[sunting sumber]

Pada bagian "Skala Usaha Pembangunan Linux", ada yang bisa menjelaskan maksud dari paragraf terakhir di bawah ini?

Kernel Linux kernel mengandung 2.4 juta baris kode, atau sekitar 8% dari total, Menunjukan bahwa mayoritas dari distribusi Linux terdiri dari kode yang tidak terkandung dalam Kernel Linux. Terima kasih sebelummnya. Hasanuddin Tamir 16:43, 7 April 2007 (UTC)


mungkin maksudnya begini, kode program di gnu/linux hanya 8% yang merupakan kode kernel, sedangkan sisanya adalah kode program aplikasi. Perlu diingat bahwa linux adalah sebuah kernel, sedangkan aplikasi yang berjalan diatasnya adalah program-program yang dikembangkan oleh komunitas open sources (GNU). Andrecht 09:23, 29 Mei 2007 (UTC)


Iya, saya memang menduga kalimat ini tidak lengkap, entah tertinggal atau dihapus. Saya tidak bisa memastikan karena tidak dapat meneliti catatan perubahan lbh teliti. Saya ingin mengubah/melengkapinya, cuman saya tidak punya referensi. Hasanuddin Tamir 14:08, 21 Juni 2007 (UTC)

Kalimat meragukan[sunting sumber]

Saya meragukan kalimat di bagian "Pasar dan kemudahan pemakaian", pada paragraf terakhir, seperti saya kutip di bawah ini.


Linux juga sering dikritik karena jadwal penembangannya yang tidak dapat diduga. Secara langsung, menyebabkan pengguna Enterprise kurang selesa dengan Linux dibanding sistem operasi lain (Sumber:Marcinkowski, 2003). Pilihan yang banyak dalam hal distribusi Linux juga dikatakan membingungkan konsumer, dan vendor program.


Kalau "jadwal pengembangan yang tidak dapat diduga" menjadi alasan, bukankah Microsoft juga tidak pernah tepat waktu dalam merilis produknya? Dan bagian mana dari artikel Alan Marcinkowski yang menyebutkan, atau memberikan implikasi, bahwa "Secara langsung, menyebabkan pengguna Enterprise kurang selesa dengan Linux dibanding sistem operasi lain"? Harap bedakan "mengutip kalimat" dari artikel dan "menginterpretasikan" artikel. Hasanuddin Tamir 17:01, 7 April 2007 (UTC)

Ganti aja, Mas. Kalau bisa, kutip sumber tulisan. Namanya juga wiki :-) •• ivanlanin 17:03, 7 April 2007 (UTC)
Ntar dah, artikel ini harusnya di-overhaul, jd tanggung kalau diganti sebagian. Harus riset dulu, kalau mau lebih akurat :-) Hasanuddin Tamir 17:16, 7 April 2007 (UTC)

Kemerdakaan vendor?[sunting sumber]

vendor independence = kemerdekaan vendor

independent vendor = vendor yang tidak terikat/bergantung pada apapun

vendor-independent = tidak terikat pada vendor tertentu

Logo dan Merek Dagang[sunting sumber]

Kisah atau cerita tentang Linus dipatok pinguin saya kira tidak sepatutnya ditampilkan di sini karena tidak ensiklopedis dan mengurangi mutu dari pembahasan yang ada. Akan jauh lebih baik bila pembahasan tersebut dengan materi lain, atau setidaknya sama seperti versi bahasa inggrisnya: Copyright and naming.  J.a.i.m (bicara) 07:53, 6 Mei 2009 (UTC)

Kenapa tidak dibantu saja untuk koreksinya. borgx(kirim pesan) 08:09, 7 Mei 2009 (UTC)
OK, saya akan coba bantu, sebelumnya saya konfirmasi dulu kalau-kalau ada pihak yang keberatan dengan itu.  J.a.i.m (bicara) 08:17, 7 Mei 2009 (UTC)