Pembicaraan:Lensa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Lensa -> kanta[sunting sumber]

Merujuk diskusi, istilah lensa akan diubah menjadi kanta. ESCapade (bicara) 03:33, 3 Januari 2010 (UTC)

Harusnya jangan asal pindah, perbaiki dulu. Ezagren ngorbol 01:54, 22 Mei 2011 (UTC)

Saya mengusulkan agar artikel ini dikembalikan ke lensa. Secara umum, kanta jarang digunakan dan lebih umum digunakan lensa. Dalam ilmu fotografi terbatas yang saya pelajari secara otodidak, digunakan lensa secara umum, juga dalam ilmu biologi terutama dalam pembelajaran mengenai mikroskop. Salam. Albertus Aditya (bicara) 22 Mei 2012 10.38 (UTC)

Penelusuran di Google Books menunjukkan bahwa istilah lensa lebih banyak digunakan daripada kanta dalam buku-buku SMA yang ada saat ini. Kecenderungan pengguna bahasa dapat berubah dan saya pikir Wikipedia pun harus mengikuti perkembangan tersebut. Dulu mungkin istilah kanta (dari bahasa Sanskerta kānta) memang dipakai dan dikenal luas, tapi kini lensa (dari bahasa Belanda/Inggris lens) jauh lebih populer. Saya setuju judul utama artikel ini diganti menjadi lensa. -- IvanLanin (bicara) 22 Mei 2012 15.47 (UTC)
Untuk saat ini, artikel dipindahkan ke lensa dahulu. Jika ada pendapat dan konsensus selanjutnya baru dapat diubah ke judul yang (mungkin) lebih tepat. Salam. Albertus Aditya (bicara) 22 Mei 2012 17.06 (UTC)
OK. Bagi pengusul silakan menimpali apabila diperlukan. ‑Bennylin celoteh 22.15, 23 Mei 2012 (WIB)