Pembicaraan:Dragon Ball

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

"Dan Indosiar stasiun pertama dan satu - satunya yang menanyangkan anime Dragon Ball sampai tamat."

Aku masih ingat sekali bagaimana lambatnya stasiun TV 'zaman dulu' dibanding dengan kalau pinjam VCD. Rasanya tidak sabar ingin menyelesaikan anime-nya, aku baru tahu kalau 10 tahun itu Indosiar 'cuma' memutarnya sekali saja, aku pikir sudah 2 kali putar... Dimana setelah saya sekolah di Amerika, dalam waktu satu tahun sudah diputar hampir dua kali dari awal hingga akhir (karena setiap hari diputar setengah jam, 1 minggu = 3 jam).

Kembali ke wikipedia, menurutku kalimat yang aku kutip di atas tidak cocok dimasukkan ke WP karena rasanya kurang ensiklopedik. Ada unsur promosi stasiun TV tertentu (tidak bermaksud menuduh penulisnya). Apa tidak sebaiknya diganti sesuatu yang lebih netral? bennylin 07:16, 30 Maret 2007 (UTC)

yah g usah sih, karena itu memang kenyataan? btw butuh gambar, langsung masukin templatBloodseeker 05:37, 31 Maret 2007 (UTC)
Bukan promosi karena memang fakta. Meursault2004ngobrol 05:53, 31 Maret 2007 (UTC)

Mungkin maksudnya kalimat tersebut dirasa kurang perlu sebab fakta tsb dirasa kurang "istimewa" (penayangan sebuah serial dari awal hingga tamat). Hayabusa future (\0-0/) 06:35, 31 Maret 2007 (UTC)

Saya sih tidak merasa promosi/iklan, mungkin kata "Indosiar" yang dianggap promosi??. --a_tumiwa(bicara) 03:39, 1 April 2007 (UTC)
Kata "Indosiar" tidak apa-apa sih, toh juga sudah berlalu. Kecuali mungkin kalimat seperti ini: "Para pembaca dipersilakan menonton Dragon Ball setiap minggu di Indosiar. Meursault2004ngobrol 05:44, 1 April 2007 (UTC)

Gini ... anime dragonball sebaiknya dipisahkan dari manganya. Soalnya bakalan ke DBGT Kalo soal stasiun televisi mah kan itu hanya informasi lah. Kalopun diedit nantinya ya sudah, tapi sekarang liat dulu... Artikelnya aja masih pada acak acakan kurang sana kurang sini. Masih perlu dibagusin dulu baru ditambal sulam lah --Kamen 05:27, 2 April 2007 (UTC)

wala, kalo di[pisah nanti bukannya malah kepanjangan? dibikin kaya naruto aja naruto=>nyambung ke naruto:shippuden Bloodseeker 07:30, 2 April 2007 (UTC)
Gak perlu dipisah karena toh anime dan manga ceritanya sama. Mungkin untuk subbagian DB GT perlu dituliskan: "DB versi ini tidak diterbitkan dalam versi manga." Atau —seperti kata Bloodseeker— dipisahkan tersendiri dalam artikel Dragon Ball: GT. --\(^o^)/ RickySetiawan (kirim pesan) 09:25, 2 April 2007 (UTC)

Menurut saya lebih baik dipisah dikarenakan DB GT benar-benar nggak ada kaitannya dengan DB dan DBZ serta manganya pun nggak ada, lebih baik artikel tersendiri seperti kata Ricky dan artikel ini digolongkan sebagai Anime Obxist (kirim pesan) 10:25, 11 Mei 2007 (UTC)

Pembagian per-saga[sunting sumber]

Loh kok ada pembagian per-saga-nya? Katanya jangan? --\(^o^)/ RickySetiawan (kirim pesan) 09:19, 2 April 2007 (UTC)

Beberapa standar untuk istilah-istilah pada Dragon Ball[sunting sumber]

Usul untuk istilah seperti Red Ribbon jangan diubah menjadi Tentara Pita Merah karena menurut saya hal tersebut lebih baik tetap bernama Red Ribbon karena pada manganya yg diterbitkan diindonesiapun namanya tetap Red Ribbon. menurut saya istilah Tentara Pita Merah kurang cocok. Mohon Maaf bila ada kesalahan dalam kata2 atau kiranya hal ini sudah pernah disinggung Obxist 04:11, 11 Mei 2007 (UTC)

Saya setuju, karena saya lihat di bukunya memang disebut "Red Ribbon". Sub-pasukannya juga disebut "Blue Ribbon", "White Ribbon", dll. ^^ ~Rex••pesan•• 04:31, 11 Mei 2007 (UTC)
Saya setuju dengan usul ini. Regards, Dirgaprahadi 08:31, 28 Juni 2007 (UTC)

Daftar Tokoh, Tokoh antagonis & Penamaan Tokoh[sunting sumber]

Daftar tokoh agak membingungkan nih. Di versi sekarang, daftar tokoh & tokoh antagonis ada di dalam subjudul Dragon Ball, tapi kok ada Cell, Babidy, dll. Sedangkan di subjudul Dragon Ball Z tidak ada daftar tokohnya.

Subjudul Tokoh Antagonis juga rancu, karena ada Pikorro dan Bezita. Padahal pada akhirnya mereka menjadi tokoh protagonis. Saran saya, bagaimana kalau disatukan saja semuanya. Atau kalau perlu dibuat halaman baru seperti versi en.wikipedia.org-nya

Mengenai Penamaan Tokoh, bagaimana kalau menggunakan penamaan versi komik terbitan PT. Elex Media Komputindo saja? Jadinya Bulma -> Burma, Piccolo -> Pikoro, Bhuu -> Bhu, dll...

Regards, Dirgaprahadi 08:31, 28 Juni 2007 (UTC)

Dua-duanya saja ([nama versi Elex Media]/[nama versi Rajawali Grafiti]) yang dipisahkan dengan tanda '/'. – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 08:20, 4 Desember 2008 (UTC)

Penamaan tokoh Dragon Ball[sunting sumber]

Untuk nama tokoh Dragon Ball, kita mesti merujuk kepada penamaan yang berstandar internasional. Penamaan yang berstandar internasional untuk tokoh-tokoh di Dragon Ball adalah seperti di sebuah permainan PlayStation 2 yang berjudul Dragon Ball Z: Budokai Tenka Ichi 3. Itu merupakan yang terbaru dan yang terbaku untuk standar penamaan tokoh-tokoh di Dragon Ball.

Relly Komaruzaman Bicara 07:21, 4 Desember 2008 (UTC)

Tidak. Nama-nama yang digunakan adalah nama yang digunakan di komik dan anime Dragon Ball di Indonesia. Ini merupakan kebijakan di Wikipedia. --BlackKnight(kirim pesan) 07:24, 4 Desember 2008 (UTC)

Penyuntingan nama tokoh di Dragon Ball[sunting sumber]

Saya menyunting sebagaimana diskusi yang telah saya dan BlackKnight lakukan beberapa pekan yang lalu.

Relly Komaruzaman Bicara 15:39, 15 Desember 2008 (UTC)