Pembicaraan:Sri Jayanasa

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pembicaraan:Dapunta Hyang)
ProyekWiki Biografi (Dinilai kelas Stub)
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Biografi, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Biografi di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 Rintisan  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas rintisan pada skala kualitas proyek.
 

Tokoh amat besar dan masih berselimut kabut misteri, Dapunta Hyang, pendiri kerajaan besar Sriwijaya, mengundang fantasi dan imaginasi. Siapa dan dari mana ia berasal?. Mungkin ia adalah salah seorang pemimpin yang kalah dalam pertarungan dan intrik politik di Minanga Tamwan. Ia lalu terusir atau pergi menyelamatkan diri dengan membawa pengikut sebanyak 20.000 orang, dan tentu saja juga membawa dendam. Kalau alasan kepergiannya ingin memindahkan ibukota ke daerah pantai, kenapa mesti ke Palembang?, bisa saja di muara sungai Batang Hari atau muara sungai Kampar dan sungai Indragiri yang tidak terlalu jauh dari pusat Minanga Tamwan.

Dengan tekad kuat ia berhasil membangun kerajaan besar dan kuat yang cukup jauh dari tanah asalnya. Dendamnya kemudian terbalaskan setelah ia berhasil menaklukkan Minanga Tamwan di kemudian hari.

Tokoh ini setara dengan Raden Wijaya (pendiri dan raja pertama Majapahit) serta Gajah Mada (pemersatu Nusantara) di abad pertengahan, dan Soekarno Hatta (pendiri utama Indonesia) pada abad modern. Namun amat disayangkan namanya hampir tidak ada gaungnya.

Sekadar wacana, fantasi dan imajinasi.....mohon jangan dihapus --110.138.68.242 4 Januari 2015 19.07 (UTC)[balas]