Pembicaraan:Dalam jaringan dan luar jaringan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Sebaiknya gunakan kata online yg lebih populer daripada daring jika ingin memberi contoh (orang kantoran saja saat ini masih sering pakai istilah online), apalagi jika merujuk ke database/referensi/standar internasional yg berbasis bahasa English spt ISO, RFC, dsb krn anda takkan temukan kata daring disitu, mengerti?

Jujur saja saya lebih suka lahir dan tinggal di negara yg bahasa utamanya adalah bahasa internasional shg efisien alias tidak perlu repot lagi mempelajari soal bahasa yg memiliki bermacam-2 kata utk satu arti/hal. Kalau English (atau sebuah bahasa internasional/global BARU yg disepakati negara-2 diseluruh dunia) sudah ditetapkan sbg bahasa global sebaiknya kita mempelajari bahasa tersebut dgn baik, bukan sebaliknya, malah menciptakan kata-2 baru yg cuma terjemahan BARU dari kata English yg sudah ada krn hanya jadi pemborosan waktu dan tenaga saja (orang harus cari tau lagi apa itu daring padahal mereka sudah fasih/tau dgn kata online, konyol banget kan?! Cuma ngerepotin aja!).

saya yakin berat, jika ada orang Indo mencoba menerjemahkan (bukan bikin baru) bahasa pemrograman Pascal/Delphi atau C/C++ yg dasarnya pakai English ke dalam bahasa Indonesia, kita bisa lihat dgn jelas akan betapa banyaknya programmer-2 Indo lain yg protes dgn hebat soal ini ("mo ngapain pake diterjemahin segala? gila ga ada kerjaan apa! Belajar aja bahasanya dgn baik, jangan males!" - Ini juga saran yg saya tujukan kpd orang yg coba-2 'bikin rusuh' di dunia IT yg punya bahasa sendiri dgn kata-2 baru yg dibuat 'anak baru masuk dunia IT' yg bikin bingung kita semua apalagi bagi 'jawara-2' yg sudah lama berkecimpung di dunia IT). Kalau anda mau bikin baru saya dukung, saya malah senang jika ada orang Indo bikin programming language baru dgn basis bahasa Indonesia, tapi saya belum lihat itu saat ini. Java? Sayangnya yg bikin bukan orang Indo meski namanya Indo banget, maka basis bahasanya tetap C/C++ alias English.

Ini pendapat saya yg seorang teknis-efisien, pendapat anda mungkin berbeda, apalagi yg culture-oriented. Setidaknya saya tidak berusaha utk membuat kacau dunia diluar IT dgn bahasa 'aneh' dari dunia IT. Saya respek dgn bahasa yg dipakai mereka dan saya tidak akan berusaha mengubahnya dgn kultur IT saya, dan yg lebih baik memang belajar dgn baik kultur mereka, bukan malah getol mengubahnya jadi spt maunya kita. Itu adalah Kesalahan Besar! Camkan ini! "Hindari keinginan anda yg aneh dan konyol utk mengubah sebuah dunia yg sudah punya bahasa sendiri dgn bahasa anda! Lebih baik pelajari bahasa mereka!"

Terima Kasih. Front Pembela Efisiensi dari dunia IT 2012-09-30 Sun

Oh, begitu ya masbro... wuih.. analisa yang pintar sekali.... ck... ck... ck... hebat.... kagum... luar biasa.... ck.. ck... ck... wow! wuih! wah! ck.. ck... ck... amazing, incredible, astonishing!Bennylin rembuk 01.18, 30 September 2012 (WIB)
Daring lebih tepat. KBBI saja menggunakannya dalam situs resminya. 182.4.11.24 30 September 2012 00.23 (UTC)