Pembicaraan:Daftar tokoh Jawa Tengah

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Daftar (Dinilai kelas pengalihan)
Ikon ProyekWikiHalaman ini artikel merupakan bagian dari ProyekWiki Daftar, upaya untuk menyusun dan mengatur semua daftar halaman di Wikipedia. Jika Anda ingin membantu, silakan kunjungi halaman proyek, di mana Anda dapat bergabung dengan proyek dan/atau berkontribusi pada diskusi.
 Pengalihan  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas pengalihan pada skala kualitas proyek.
 

Perlu dipisah antara Jawa Tengah dan Yogyakarta? (-_-)V bennylin 404 08:11, 8 Januari 2008 (UTC)

Sudah dipisah. Tapi saya sendiri sebenarnya condong kalau tetap digabung karena keterkaitan historis. Seperti beberapa daerah lain misalkan Banten dan Jabar. Meursault2004ngobrol 11:18, 16 Januari 2009 (UTC)

Bagaimana kalau di-listingnya menurut abjad saja? Lebih mudah mencarinya. Kembangraps (bicara) 11:39, 16 Januari 2009 (UTC)

Bisa juga sih. Meursault2004ngobrol 17:20, 28 Februari 2009 (UTC)

Penyebutan "mantan" untuk seseorang yang pernah memangku suatu jabatan, menurut saya, sudah tidak relevan. Untuk menghindari konotasi negatif (sudah tak dianggap lagi), penghilangan kata mantan adalah untuk tetap memberikan penghormatan kepada seseorang yang pernah memangku suatu jabatan, bahwa setidaknya orang tersebut pernah berjasa. Sebagai contoh, dulu penyebutan Soeharto sebagai mantan presiden, sekarang disebut presiden ke-2 Republik Indonesia. Jadi, kita cukup menyebutkan periodenya saja. Terimakasih.


Salam Wikipedia!
 ANDRIANA  SUKE 
11.32, 15 Maret 2015 (WIB)

Kriteria[sunting sumber]

Siapa sebenarnya yang menetapkan kriteria bahwa seseorang dapat masuk tokoh Jawa Tengah? Itu pertanyaan yang menghantui saya selama ini. Menurut saya, kita tidak boleh sembarangan mencantumkan bahwa seseorang masuk ke daftar ini. Jabatan tinggi tak serta merta dapat dimasukkan di sini. Saya ingin sekadar berbagai atau mengusulkan, seseorang yang dianggap tokoh apabila dirinya:

  • Bergelar pahlawan, ditetapkan oleh presiden
  • Budayawan, filsuf, seniman, agamawan, akademikus, yang gagasan dan pemikirannya berpengaruh dalam kehidupan masyarakat. Gagasan dan penyataan mereka sering dikutip atau dimuat oleh media massa maupun diterbitkan dalam bentuk buku, serta dirujuk oleh masyarakat luas.
  • Memiliki jasa setidaknya untuk daerahnya.
  • Memiliki aktivitas sosial yang menginspirasi banyak orang.

Oh iya, saya ingin mendikotomi antara artis dan selebritis. Artis adalah seniman (punya gagasan, karya), sedangkan selebritis adalah orang yang terkenal, berdekatan dengan pemberitaan, lepas apakah dia punya karya atau tidak. Seseorang bisa saja tiba-tiba menjadi selebritis karena bertingkah aneh yang menjadikannya terkenal. Sinta-Jojo, fenomena polwan cantik, Briptu Norman adalah contoh selebritis, bukan artis. Dalam ranah film misalnya. Saya menganggap sutradara dan penulis skenario adalah artis. Sedangkan aktrisnya adalah selebritis karena lebih sering disorot kamera. Tapi sayang, kita sering salah menyebut. Demikian gagasan saya. Mari kita evaluasi lagi nama-nama dalam artikel ini supaya tidak sembarang nama masuk.


Salam Wikipedia!
 ANDRIANA  SUKE 
11.57, 15 Maret 2015 (WIB)

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Daftar tokoh Jawa Tengah that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 30 Oktober 2023 11.35 (UTC)[balas]