Pembicaraan:Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
ProyekWiki Indonesia (Dinilai kelas AP, Top)
Ikon ProyekWiki Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Indonesia, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Indonesia dan topik yang berkaitan dengan Indonesia di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 AP  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas AP pada skala kualitas .
 Sangat tinggi 
Sangat penting
 
ProyekWiki Geografi (Dinilai kelas AP, High)
Ikon ProyekWiki Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Geografi, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Geografi di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 AP  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas AP pada skala kualitas proyek.
 Tinggi 
Penting
 
Mantan artikel pilihan Artikel ini adalah mantan artikel pilihan. Silakan lihat halaman nominasi awalnya (untuk artikel lama, lihat arsip nominasi) dan alasan pembatalannya.
Featured article star Artikel ini telah ditampilkan di Halaman Utama sebagai artikel pilihan minggu ini.

Aloow...itu yang daftar-daftaran (tpt ibadah, dll) kan blom lengkap, jadi tolong yah! Takutnya ntar salah nama apa gimana gitu.... >.<--Indoboy 16:02, 4 Jun 2005 (UTC)

Artikel ini, bagaimana kalo dipindah ke "Jakarta" saja? Kalau tidak, setidaknya harusnya ke Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Kalo "DKI" itu kan hanya singkatan. Hayabusa future 3 Juli 2005 13:16 (UTC)

Iya boleh2 saja. Kalau begitu NAD aku pindah sekalian ya ke Aceh. Meursault2004 3 Juli 2005 16:37 (UTC)

Rasanya tidak lazim ada artikel yang mencantumkan "credit" penulisnya. --Stephensuleeman 21:04, 21 Desember 2005 (UTC)

Three in one[sunting sumber]

mau tulis three in one kok rasanya gak ada tempatyang cocok gitu mau taruh di transportion tapi gak tau mau nyempil dimana?. juga ada aturan baru untuk yang berkenderaan bermotor roda dua bahwa lampu penerang jalan pada kendaraan tersebut mulai tanggal 29 november 2006 dah mesti nyala pada siang hari kalo gak bisa di denda atau di tilang.Daimond 12:28, 29 November 2006 (UTC)

gimana kalo di 'berita terkini' aja di halaman depan ? Kembangraps 13:05, 29 November 2006 (UTC)

Bisa juga dibuat artikel baru Transportasi di Jakarta (kalo punya cukup bahan untuk ditulis). Hayabusa future (\0-0/) 13:32, 29 November 2006 (UTC)

walah kalo buat articel baru transportasi jakarta tuh gak cuma berat banget ngumpulin informasinya dah, wa gak kuat. belum soal airbus yang katanya mau di bikin 2007 apa 2011 tuh mulainya buat melintas di sungai sungai jakarta.Daimond 13:07, 30 November 2006 (UTC)

Kalau begitu buatkan subbagian baru saja. Hayabusa future (\0-0/) 13:21, 30 November 2006 (UTC)

Senjata dan makanan[sunting sumber]

Saya mengusulkan supaya paragraf senjata dan makanan dimasukkan ke "budaya". Meursault2004ngobrol 06:16, 7 April 2007 (UTC)

Sudah saya pindahkan bung Revo. So how's Holland? Sorry banget saya ada keperluan tiba2 di kantor sewaktu acar di binus beberapa waktu lalu, jadi tidak sempat hadir. Padahal pengen banget hadir. --Andri.h 07:30, 7 April 2007 (UTC)

Padat = cacah?[sunting sumber]

Di bagian demografi saya lihat ada kerancuan dalam penyebutan "Jakarta Timur merupakan wilayah terpadat dengan jumlah penduduk XXX." Yg saya tahu kepadatan adalah cacah penduduk dibagi luas wilayah. Bisa ditinjau lagi? Kembangraps 14:28, 26 April 2007 (UTC)

Selamat Ultah Jakarta[sunting sumber]

Selamat Ulang Tahun ya, semoga tambah dewasa --Andri.h 11:56, 22 Juni 2007 (UTC)

Jacatra[sunting sumber]

Saya lihat Jacatra dialihkan ke artikel ini, namun di tubuh artikelnya tidak ada keterangan tambahan. Ada yang berkenan melengkapi?
bennylin
01:26, 29 Januari 2010 (UTC)

Sudah saya tambahkan rujukannya di bagian subjudul Etimologi. Salam, Naval Scene (bicara) 6 Juni 2012 09.23 (UTC)

Jawa dan Betawi?[sunting sumber]

Di kotak info, tertulis jelas bahwa jumlah populasi Suku Jawa (35%) lebih besar daripada jumlah Suku Betawi (27%) yang notabene merupakan suku asli Jakarta. Apakah data di kotak info tersebut benar? Saya sendiri merasa kurang yakin. Mohon penjelasannya. --Maung Bandung (bicara) 09:26, 3 Agustus 2010 (UTC)

Kelihatannya benar ... maaf sekali. Malahan sebenarnya andil suku Betawi sudah naik. Di beberapa polling saya lihat cuman 10 - 15%. BTW, di Lampung lebih parah. Jumlah suku Lampung cuma sekitar 15% dan suku Jawa 61% ... Meursault2004ngobrol 09:48, 3 Agustus 2010 (UTC)

Oh gitu, ya? Ckckckck... aya-aya wae jaman kiwari mah . --Maung Bandung (bicara) 10:04, 3 Agustus 2010 (UTC)

Iya coba jalan-jalan ke Jakarta, pasti ketemunya sama orang Jawa doang ... Bahkan di restoran Minang pelayannya banyak orang Jawa. Tapi gak usah khawatir, mayoritas di Bandung masih tetap suku Sunda :-) Meski saya tidak memiliki data statistiknya ... Meursault2004ngobrol 10:25, 3 Agustus 2010 (UTC)

Oke Om, hehehe... . --Maung Bandung (bicara) 06:03, 12 Agustus 2010 (UTC)

Jumlah penduduk suatu ibu kota berkembang dinamis, terlebih Jakarta sebagai kota metropolitan, komposisi etnisnya berubah dari waktu ke waktu. Etnis dengan budaya merantau yang tinggi akan menjadi penduduk mayoritas kota metropolitan. Memang dulu penduduk Jakarta, saat masih bernama Sunda Kelapa, bisa dikatakan 100 persen adalah bangsa Sunda. Sampai tahun 1961 pun suku bangsa Sunda masih menjadi mayoritas dengan komposisi sebesar 32,85%. Berdasarkan sensus penduduk tahun 1961, tercatat bahwa penduduk Jakarta berjumlah 3 juta lebih dan terdiri dari orang Sunda sebanyak 32,85%, orang Jawa-Madura 25,4%, Betawi 22,9%, Minangkabau 2,1%, Sumatera Selatan 2,1%, Batak 1,0%, Sulawesi Utara 0,7%, Melayu 0,7%, Sulawesi Selatan 0,6%, Maluku dan Irian 0,4%, Aceh 0,2%, Banjar 0,2%, Nusa Tenggara Timur 0,2%, Bali 0,1%, Cina 10,1% dan orang asing lainnya sebanyak 0,6%.Tapi dengan arus urbanisasi yang deras dan budaya merantau dan bertahan hidup yang hebat yang dimiliki suku bangsa Jawa maka komposisinya berubah drastis saat ini. Saya pikir ini merupakan fenomena biasa di sutu kota metropolitan. --Hadiyana (bicara) 04:46, 18 Agustus 2010 (UTC)

Etnis[sunting sumber]

Menyusul kontroversi tentang bagian #Etnis sebagaimana yang disampaikan melalui milis, saya menemukan bahwa informasi tersebut sudah ada sejak 7 April 2010 dan ditambahkan oleh seorang pengguna anonim. Karena isinya yang tidak netral, saya mengusulkan untuk sementara disembunyikan dulu hingga ada editor yang dapat mencari sumber-sumber yang valid dan mengubah isi bagian tersebut.
βέννγλιν 10:07, 24 Mei 2011 (UTC)

Saya mempunyai ide kalimat yang di atas templat kenetralan itu dihapus saja, rasanya data tahun segitu sudah tidak akurat lagi.... Salam Cikiciw --Yoshiharu10 (bicara) 04:51, 25 Mei 2011 (UTC)
WP:BOLD. Sudah saya sunting untuk sedikit menetralkan, dan menambahkan tag refimprove. Silakan terus diperbaiki. Salam, Naval Scene (bicara) 06:43, 26 Mei 2011 (UTC)

Bendera Jakarta?[sunting sumber]

Saya baru tahu kalau Jakarta punya bendera, sumbernya darimana ya? Hddty. (bicara) 24 Desember 2016 02.24 (UTC)