Pembicaraan:Bahasa rakitan

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Bahasa (Dinilai kelas Stub, High)
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Bahasa, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Bahasa di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 Rintisan  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas rintisan pada skala kualitas proyek.
 Tinggi 
Penting
 

Judul artikel ini seharusnya "Assembly" atau "Assembly (bahasa pemrograman)" atau "Bahasa pemrograman Assembly". Kelihatannya belum ada perjanjian untuk penamaan artikel bahasa pemrograman? Saya usulkan nama bahasanya saja, seperti misalnya "Ruby" atau "C plus plus", kecuali bila ada disambiguasi seperti "Pascal (bahasa pemrograman)". 149.226.255.200 6 Juli 2005 14:36 (UTC)

Terserah saja lah, tapi judul ini sebenarnya terjemahan dari wikipedia bhs inggris "Assembly language".

--Rendra 06:08, 15 Juli 2005 (UTC)

Menurut saya assembly saja cukup. Tetapi memang benar, belum ada perjanjian tentang nama2 bahasa pemrograman di Wikipedia Indonesia. Hal ini mungkin harus kita laksanakan segera. Meursault2004 08:51, 15 Juli 2005 (UTC)

Terjemahan[sunting sumber]

Menurut [1], terjemahan "assembly language" adalah "bahasa rakitan". Boleh dialihkan? •• ivanlanin •• 05:14, 25 Agustus 2006 (UTC)

Setuju borgx(kirim pesan) 01:13, 26 Agustus 2006 (UTC)

Jangan. Lebih baik bahasa Assembly. Kata "bahasa rakitan" lebih pas dengan bahasa yang kita buat(rakit) sendiri. Ini akan merancu pembacanya. Memang pada prakteknya juga ada yang memberi nama bahasa rakitan. Tetapi artikel itu juga diberi kata Assembly.Christian Irwan (bicara) 19 Juli 2013 13.11 (UTC)[balas]

Saya belajar bahasa assembly di mikrokontroler DT-51 dan AVR, dan tidak pernah ada dalam buku yang saya pelajari digunakan "bahasa rakitan", selalu pakai istilah "bahasa assembly". Kalau bahasa rakitan, bisa saja disalah artikan sebagai Artificial language atau Constructed language (Bahasa buatan).
Tapi saya juga tidak mempertentangkan penggunaan istilah "bahasa rakitan", karena memang sudah banyak bahasa komputer yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia, meski beberapa semakin terdengar aneh, seperti mouse menjadi tetikus, download menjadi unduh, upload menjadi unggah, dan sebagainya. Mungkin memang aneh bagi "manusia yang besar pada tahun 1990an" karena istilah tersebut tidak diterjemahkan ketika dipelajari. Coba ditanyakan sama "manusia yang besar pada tahun 2000an" dan 2010an, apa istilah bahasa assembly sekarang. Mungkin memang kita yang sudah ketinggalan jaman. Hysocc 19 Juli 2013 15.57 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Bahasa rakitan that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 26 Oktober 2023 00.26 (UTC)[balas]