Pemberontakan Czortków

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pemberontakan Czortków
Bagian dari Pendudukan Polandia
Willa Wasilewskich - Czortków 1939.jpg
Markas pemberontak di rumah keluarga Wasilewski, Jaln Grunwaldzka 6 , Czortków
Tanggal21–22 Januari 1940
LokasiCzortków, Polandia
Hasil Kemenangan Uni Soviet
Pihak terlibat
Bendera Polandia Pelajar Polandia Anti-soviet  Uni Soviet
Kekuatan
100 hingga 250 pemberontak Tidak diketahui
Korban
14 terbunuh, beberapa cedera,
sekitar 150 ditahan, dimana 24 yang di eksekusi.
3 terbunuh

Pemberontakan Czortków (bahasa Polandia: Powstanie Czortkowskie) adalah usaha yang gagal dalam melawan represi negara Uni Soviet yang kebanyakan pelajar tingkat menengah pra-perang. Pemberontakan terjadi di kota Czortków (sekarang Chortkiv, Ukraina) Polandia yang diduduki UniSoviet selama Perang Dunia II. Para pemberontak berusaha menyerbu barak Tentara Merah lokal dan penjara untuk melepaskan tentara polandia ditahan di sana. Serangan itu terjadi pada malam tanggal 21 januari–22, tahun 1940. Ini adalah pemberontakan pertama sipil polandia melawan Nazi-Soviet atas pendudukan Polandia.[1][2]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 17 September 1939 Tentara Merah bersekutu dengan Nazi Jerman (lihat: Molotov-Ribbentrop), menyerbu bagian timur Polandia. Soviet maju dengan cepat, karena sebagian besar dari Tentara Polandia terkonsentrasi di barat, melawan Wehrmacht. Menurut Molotov-Ribbentrop, Polandia akan dibagi dua kekuatan poros. Jerman menduduki bagian barat negara itu, sementara Soviet menguasai Polandia timur (lihat: daerah polandia yang dicaplok oleh Uni Soviet),[3] termasuk kota Czortków, pusat dari powiat (populasi 20,000), yang terletak di sebelum perang Tarnopol Provinsi.

Selama Operasi Barbarossa pada tahun 1939 hingga 1941, NKVD Uni Soviet NKVD menangkap dan memenjarakan sekitar 500.000 orang Polandia termasuk pejabat negara, PNS, para petugas berseragam dan semua yang disebut sebagai "musuh rakyat" seperti produsen makanan, insinyur, pedagang dan pendeta.[4] Sekitar 65.000 orang Polandia dieksekusi secara rahasia. Segera setelah Czortków dikuasai SSR ukraina, para penguasa baru mulai melakukan kampanye represi.

Penduduk Polandia Czortków (pada tahun 1931, etnis Polandia terdiri 46.4% dari populasi kota) membentuk organisasi konspirasi Stronnictwo Narodowe (Aliansi Nasional) untuk melawan Soviet pada awal oktober 1939.[5] tujuannya adalah untuk melawan penjajah dan melakukan sabotase.[6] Segera setelah itu, para pendiri organisasi ini, sebagian besar mahasiswa dari sekolah tinggi lokal termasuk Tadeusz Bankowski, Henryk Kamiński, Heweliusz Malawski, dan guru mereka Józef Opacki, memutuskan untuk mengadakan pemberontakan.

Malam serangan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan desember 1939, pasukan Tentara Merah di Czortków meninggalkan kota untuk berperang dalam Perang Dingin melawan Finlandia. Para konspirator melihat peluang ini. Mereka berencana untuk membuat serangan kejutan terhadap barak dan membebaskan personel Angkatan Darat Polandia yang ditahan dipenjara lokal dan mengambil alih kantor pos, rumah sakit dan stasiun kereta api. Kelompok ini ingin merebut sebuah kereta api dengan bantuan dari perwira polandia yang sudah dibebaskan, dan perjalanan menuju ke Rumania melalui Zaleszczyki. Untuk menunda pengejaran tentara merah, mereka juga berencana untuk meledakkan jembatan kereta api di Seret.

Para konspirator memutuskan untuk memulai pemberontakan pada malam 21/22 Januari 1940, yang merupakan peringatan pecahnya Pemberontakan Januari 1863. Di malam hari dari tanggal 21 Januari, antara 100 dan 250 orang berkumpul di Gereja Katolik Roma Czortków. Sebagian besar dari mereka tidak bersenjata, hanya sedikit yang punya senjata atau pisau, beberapa bahkan menggunakan pedang. Mereka membagi diri menjadi empat kelompok – pertama akan merebut barak utama, kedua – penjara, ketiga – pusat kota, dan keempat – stasiun kereta api. Kelompok ini setuju bahwa yel perang mereka adalah Z krzyzem (Bersama dengan Salib).

Serangan pada Tentara Merah barak berlangsung pada 22:00, tapi kelompok ini meremehkan kekuatan Soviet, dan gagal untuk menguasai kompleks. Khawatir dengan tembakan, pasukan Tentara Merah menyerbu keluar dari barak dan melakukan serangan balasan. Setelah tembak-menembak, di mana tiga tentara Soviet dan 14 orang Polandia terbunuh dan beberapa terluka, kelompok itu bubar.

Akibat[sunting | sunting sumber]

Pada hari berikutnya, tanggal 22 januari, polisi rahasia NKVD mulai melakukan penangkapan massal kepada para pelaku yang diduga terlibat dalam pemberontakan. Secara keseluruhan, sekitar 150 orang Polandia yang ditahan. Dua puluh empat mahasiswa diinterogasi oleh NKVD dan disiksa. Sejarawan Jan Tomasz Grozz menulis bahwa mereka dipukuli dengan kayu, pistol, botol dan besi, dan "menendang sampai rahang dan tulang rusuk mereka patah."[7] 55 orang dijatuhi hukuman pengasingan di Siberia. Hampir semua dari mereka yang dibunuh atau diasingkan adalah remaja laki-laki dari kebangsaan polandia dari Czortkow. Juga, tentara angkatan Darat Polandia, kemudian di penjara di Czortkow, di kemudian hari ada di antara mereka yang dibunuh dalam pembantaian Katyn .

Delapan belas bulan kemudian pada tanggal 2 juli 1941, sebelum serangan dari Wehrmacht, Uni Soviet diam-diam mengeksekusi 8 biarawan Dominika dari Gereja Katolik Roma di kota. Menurut beberapa saksi, ini adalah balas dendam untuk Dominika membantu dengan pemberontakan.

Władysław Buczkowski, saksi pemberontakan, menulis dalam memoarnya bahwa meskipun ia tidak mengambil bagian dalam pemberontakan, ia ditangkap pada tanggal 27 januari, setelah disiksa, ia dikirim ke penjara di Tarnopol. Divonis 15 tahun, bersama-sama dengan orang-orang Polandia dari Czortków, ia kemudian dibawa ke Kharkiv dan kemudian dikirim ke Siberia. Buczkowski merupakan salah satu dari orang yang selamat, dan pada tahun 1942, karena Perjanjian Sikorski-Mayski, ia berhasil melarikan diri dari Uni Soviet.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Marek A. Koprowski (23 September 2008). "W Czortkowie nad Seretem". Kresy.pl. Diakses tanggal 29 January 2014. 
  2. ^ Stanisław Maria Jankowski. "POWSTAŃCZY ZRYW W CZORTKOWIE W 1940 R. (Wystawa)" (PDF). Instytut Pamięci Narodowej Oddział w Krakowie. Diakses tanggal 29 January 2014. 
  3. ^ Davies, Norman (1986). God's Playground: A History of Poland (Google Books preview). Volume II: 1795 to the Present (edisi ke-2005). Oxford: Oxford University Press. hlm. 437. ISBN 0-19-821944-X. 
  4. ^ Gross, Jan T.; Militargeschichtliches Forschungsamt (corporate author) (1997). Bernd Wegner, ed. From Peace to War: Germany, Soviet Russia and the World, 1939-1941 (Google Books preview). Berghahn Books. hlm. 47–79, 77. ISBN 1-57181-882-0. 
  5. ^ Tadeusz A. Janusz, Sprawiedliwość po sowiecku (Justice Soviet style) Exhibit: Powstańczy zryw w Czortkowie w 1940 r. Niedziela.pl (Polandia)
  6. ^ IPN.Gov.pl Error in webarchive template: Check |url= value. Empty. (Polandia)
  7. ^ Gross, Jan Tomasz (2002), Revolution from Abroad. Books.Google.com p. 172. (Inggris)
  8. ^ R. Antoszewski, Czortków w latach II wojny światowej. (Polandia)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]