Pemberontakan Bitlis (1914)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemberontakan Bitlis (1914)
Pemberontakan Bitlis (1914) di Turki
Bitlis
Bitlis
Pemberontakan Bitlis (1914) (Turki)
Tanggalawal Maret – 4 April 1914
LokasiBitlis, Kekaisaran Ottoman
Hasil Kemenangan Ottoman
Pihak terlibat
Pemberontak Kurdi
Didukung oleh:
 Kekaisaran Rusia
 Kekaisaran Ottoman
Tokoh dan pemimpin
Mullah Selim[1]
Sayyid Ali[1]
Sheikh Şahabeddin[1]
Tidak diketahui
Kekuatan
"ribuan"[2] Garnisun di Bitlis:
Tidak diketahui, tetapi lebih sedikit daripada pemberontak Kurdi[2]
Bala bantuan:
Tidak diketahui

Pemberontakan Bitlis adalah pemberontakan Kurdi di Kekaisaran Ottoman pada awal 1914.[2] Itu didukung oleh Kekaisaran Rusia.[2] Itu bertempur bersamaan dengan pemberontakan Kurdi yang tidak terkait di Vilayet Mosul, yang juga didukung oleh Rusia. Historiografi nasionalis Kurdi kemudian menggambarkan pemberontakan sebagai bagian dari perjuangan nasionalis Kurdi, tetapi penyebab sebenarnya bertentangan dengan wajib militer dan perpajakan.[2] Pemberontakan dimulai pada awal Maret, dengan pertempuran kecil antara pejuang Kurdi dan tentara Utsmaniyah, di mana tentara Utsmaniyah terpaksa mundur.[2] Kurdi kemudian mengepung kota Bitlis, dan merebut kota itu pada 2 April.[2] Pasukan Ottoman kemudian dikirim dari Mu dan Van dan menekan pemberontakan.[2] Setelah kekalahan pemberontakan pada tanggal 4 April, salah satu pemimpin pemberontak, Molla Selim, berhasil mencari suaka di Rusia.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Demirtaş, Mehmet (2018). "1914 Tarihli Bitlis İsyanının Osmanlı Arşiv Belgelerindeki Yansımaları-Cezalar, Mükâfatlar". dergipark.org.tr. hlm. 433. The leaders of the insurrection were Mullah Selim, Sayyid Ali and Sheikh Şahabeddin who were the religious scholars of Hizan Province. 
  2. ^ a b c d e f g h i Henning, Barbara (2018-04-03). Narratives of the History of the Ottoman-Kurdish Bedirhani Family in Imperial and Post-Imperial Contexts: Continuities and Changes (dalam bahasa Inggris). University of Bamberg Press. hlm. 322–327. ISBN 9783863095512.