Pembayaran mandiri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Model pembayaran mandiri dari NCR Corporation dan antrian cepat di toko Sainsbury's
Model pembayaran mandiri NCR Corporation di toko IKEA.

Pembayaran mandiir, juga dikenal sebagai assisted checkouts (ACOs) atau self-service checkouts, dalah mesin yang menyediakan mekanisme bagi pelanggan untuk menyelesaikan transaksi mereka sendiri dari pengecer tanpa memerlukan petugas kasir tradisional. Saat menggunakan pembayaran mandiri, pelanggan memindai kode batang barang sebelum membayar total toko mereka tanpa memerlukan bantuan staf satu per satu. Pembayaran mandiri digunakan terutama di supermarket, meskipun tidak jarang di toko serba ada atau toko kelontong.[1] Sebagian besar area pembayaran mandiri diawasi oleh setidaknya satu anggota staf, sering membantu pelanggan memproses transaksi, memperbaiki harga, atau menyediakan layanan.

Pada 2013, ada 191.000 unit pembayaran mandiri dikerahkan di seluruh dunia, dan pada 2025, diperkirakan 1,2 juta unit akan dipasang di seluruh dunia.[2][3] Mesin ini awalnya ditemukan oleh David R. Humble, dengan NCR Corporation memiliki pangsa pasar terbesar.[4][5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Self-checkout Systems Market Size, Share & Trends Analysis Report By Components (Systems, Services), By Type (Cash Based, Cashless), By Application, By Region, And Segment Forecasts, 2020 - 2027". Grand View Research. April 2020. Diakses tanggal 20 February 2021. 
  2. ^ "SELF-CHECKOUT: A GLOBAL CONSUMER PERSPECTIVE" (PDF). NCR Whitepaper. Diakses tanggal 20 December 2016. 
  3. ^ "NCR Named Global Leader in Self-Checkout for the 18th Consecutive Year". NCR Corporation. 9 September 2020. Diakses tanggal 20 February 2021. 
  4. ^ "Self-Checkout Reaches Critical Mass - LPM". losspreventionmedia.com. 2 January 2006. 
  5. ^ "Self-service distribution system". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]