Pematang Jaya, Langkat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pematang Jaya
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Sumatera Utara
Kabupaten Langkat
Pemerintahan
 • Camat AHMAD FITRIA, S.Sos
Luas 209.00 km²
Jumlah penduduk 15.431 jiwa
Kepadatan 63 jiwa/km²
Desa/kelurahan 8 desa

Pematang Jaya adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Langkat, provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Kecamatan ini dibentuk pada tanggal 19 Februari 2008 dari Kecamatan Besitang dan Pangkalan Susu berdasarkan Perda No. 27 Tahun 2007.[butuh rujukan]

Inovasi Layanan FLEXIBLE SERVICE:

Tanggal 20 Mei 2015 bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional ke 107 Tahun 2015 Kecamatan Pematang Jaya meluncurkan Inovasi Sistem Pelayanan Flexible Service yang bertujuan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat/stakeholders dengan menciptakan pelayanan yang cepat, mudah, murah, mempersingkat prosedur dan dapat dilakukan di mana saja serta berbasis teknologi informasi/internet. Adapun bentuk layanan terdiri dari:

a.     Delivery Service

Bentuk pelayanan dengan sistem antar jemput di mana warga/stakeholders yang ingin mendapatkan layanan publik khususnya pengurusan administrasi dokumen publik di tingkat Desa hingga tingkat Kecamatan dan Kabupaten cukup dengan menghubungi (telp./sms) ke nomor kontak delivery service 082276059997.

Selanjutnya petugas akan mendatangi rumah/tempat penerima layanan, memverifikasi berkas dan menguruskan keperluannya hingga selesai untuk selanjutnya dikembalikan kembali ke rumah/tempat yang bersangkutan;

b.      E-Paper

Pelayanan berbasis internet/online pada penerapannya memungkinkan penyelenggaraan surat-menyurat secara elektronik. Dokumen surat-menyurat antar desa dan kecamatan dapat dikirim dan diterima kapan saja dan di mana saja selama 24 jam tanpa harus mendatangi setiap kantor satu per satu.

Masyarakat maupun stakeholders dapat mengirimkan surat/dokumen ataupun informasi melalui alamat e-mail dengan tujuan Kantor Camat Pematang Jaya atau Kantor Desa Se-Kecamatan Pematang Jaya sebagai berikut:

No.

INSTANSI

ALAMAT E-MAIL

1.

Kantor Camat

Pematang Jaya
 

fs-pematang-jaya@langkatkab.go.id

2.

Desa Salahaji

salahaji@langkatkab.go.id

3.

Desa Serang Jaya

serang-jaya@langkatkab.go.id

4.

Desa Damar Condong

damar-condong@langkatkab.go.id

5.

Desa Perkebunan Damar Condong

perkebunan-damar-condong @langkatkab.go.id

6.

Desa Perkebunan Perapen

perkebunan-perapen@langkatkab.go.id

7.

Desa Serang Jaya Hilir

serang-jaya-hilir@langkatkab.go.id

8.

Desa Limau Mungkur

limau-mungkur@langkatkab.go.id

9.

Desa Pematang Tengah

pematang-tengah@langkatkab.go.id

c.      Sharing Paper

Pelayanan berbasis Local Area Network (LAN) pada penerapannya memudahkan dalam proses pembuatan surat keluar di lingkungan internal kantor camat. Khususnya dalam mengoreksi redaksi surat keluar pada saat tahap konsep/penulisan tanpa harus bolak balik antar ruang atasan maupun bawahan jika terjadi kesalahan saat pengajuan paraf koordinasi/penandatanganan. Hal ini dilakukan melalui metode sharing komputer/dokumen yang menghubungkan setiap komputer mulai dari ruang camat, sekcam, kasi hingga ruang administrasi one stop service.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar penduduk yang berdiam di kecamatan ini adalah suku Melayu 80%, selebihnya suku-suku lain.[butuh rujukan]