Pemandian gay

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemandian gay di Amerika Serikat

Pemandian gay, juga dikenal dengan sebutan sauna gay, adalah tempat pemandian yang dipakai oleh lelaki seks lelaki (LSL). Pada umumnya, tempat seperti ini dipakai untuk berhubungan seks dan bukan sekadar untuk berendam.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah mencatat bahwa lelaki yang mendatangi pemandian untuk berhubungan seks dengan lelaki lain sudah ada dari abad ke-15. Contohnya adalah Firenze pada tahun 1492 ketika aparat mencoba "memberantas" sodomi.[2] Tradisi pemandian umum di Eropa sendiri dapat ditilik kembali ke abad ke-6 SM, dan terdapat banyak catatan sejarah kuno yang menunjukkan adanya kegiatan seks sesama jenis di Yunani Kuno.[3] Di Barat, lelaki gay mencari lelaki lain di pemandian paling tidak dari akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, ketika seks sesama lelaki dianggap ilegal di sebagian besar negara Barat dan lelaki yang ketahuan berhubungan seks dengan lelaki lain ditangkap dan diadili.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Colker, David (1994-03-10). "Within the Walls of Gay Bathhouse Lies a World of Their Own". Los Angeles Times. ISSN 0458-3035. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-22. 
  2. ^ (Rocke 1998, hlm. 203)
  3. ^ (De Bonneville 1998)