Peluncur roket anti-tank 70 mm Tipe 4

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tipe 4 Peluncur Roket Anti-tank 70mm

Jenis Senjata antitank
Negara asal Kekaisaran Jepang
Sejarah pemakaian
Digunakan oleh Angkatan Darat Kekaisaran Jepang
Pada perang Perang Dunia 2
Sejarah produksi
Tahun 1944
Jumlah produksi 3,500
Spesifikasi
Berat 8 kg /17.636981 lb
Panjang 1.5 m /4.92126 ft

Kaliber 74mm
Kecepatan peluru 160 m/s

Peluncur roket anti-tank 70 mm Tipe 4 merupakan jenis peluncur roket anti-tank yang digunakan Jepang pada tahun-tahun terakhir Perang Dunia II. Digunakan untuk menghadapi serangan invasi Sekutu ke daratan utama Jepang.

Senjata ini sebanding dengan Panzerschreck Jerman dan Bazoka Amerika.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada 1944 tentara Amerika menggunakan senjata anti tank M1 Bazoka di Teater Pasifik untuk melawan Jepang. Para komandan militer Jepang memutuskan bahwa mereka membutuhkan senjata serupa. Pada tahun 1944 mereka membuat senjata roket 70 mm Tipe 4. Berbeda dengan roket Amerika yang menggunakan sirip untuk keseimbangan dalam penerbangan, roket Jepang menggunakan putaran roket untuk stabilisasi. Roket peledak berkekuatan tinggi berdiameter 20 cm (8") digunakan Jepang dengan sayap pengimbang karena mereka berpengalaman dengan roket dari jenis ini.

Pemakaian[sunting | sunting sumber]

Peluncur ini dibuat dalam dua bagian yang bergabung di tengah-tengah mirip dengan roket 3.5" Amerika. Ini dibuat untuk ditembakkan oleh prajurit saat keadaan kritis. Senjata itu sendiri memiliki bipod mirip dengan yang ada di Senapan mesin ringan Tipe 99. Penembak berbaring dengan membentuk sudut sekitar 45 derajat sementara pengisi itu posisi yang sama di sisi lain.

Referensi[sunting | sunting sumber]