Pelega tenggorokan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pelega tenggorokan adalah obat berupa tablet atau permen kecil untuk dikulum. Pelega tenggorokan dikenal pula dengan nama lozenges karena biasanya berbentuk belah ketupat (lozenge). Pelega tenggorokan tidak digunakan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, melainkan hanya untuk meringankan gejalanya saja. Pelega tenggorokan diracik khusus untuk meredakan batuk, gatal, dan sakit di tenggorok akibat radang tenggorokan, pilek, influenza, atau penyakit lainnya. Pelega tenggorokan umumnya merupakan obat bebas yang dapat diperoleh tanpa resep dokter. Pelega tenggorokan berbeda dengan pastille dan permen mint.

Bahan[sunting | sunting sumber]

Pelega tenggorokan biasanya mengandung kombinasi bahan aktif yang berbeda, di antaranya:

Beberapa pelega tenggorokan yang diresepkan dokter mungkin juga mengandung dosis rendah dari obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), seperti benzidamin hidroklorida dan flurbiprofen untuk meredakan peradangan di tenggorokan.

Cara kerja[sunting | sunting sumber]

Pelega tenggorokan akan meningkatkan produksi air liur saat diisap terus-menerus. Air liur akan membantu melumasi saluran tenggorokan yang kering dan membantu menjaga tenggorokan tetap lembap. Gerakan mengisap juga ikut mengaktifkan bahan-bahan obat di dalamnya, yang kemudian bercampur dengan air liur untuk melapisi dinding tenggorokan.

Merek[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]