Pelabuhan Trisakti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pelabuhan Trisakti
Lokasi
NegaraBendera Indonesia Indonesia
LokasiBanjarmasin
Koordinat.
Detail
OperatorDirektorat Jenderal Perhubungan Laut
PemilikPT. Pelabuhan Indonesia III (Persero)
Website
http://www.banjarmasinport.co.id

Pelabuhan Trisakti adalah pelabuhan terbesar dan tersibuk di Kalimantan yang terletak di Banjarmasin. Pelabuhan ini berfungsi sebagai pintu gerbang arus keluar masuk barang ekspor-impor maupun barang antar pulau dan negara. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan kelas IA dalam lingkungan Pelindo III. Dalam lingkungan Pelindo III, Pelabuhan ini berada pada urutan kedua setelah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Fasilitas pelayanan yang dimiliki oleh pelabuhan Triskati cukup memadai untuk melayani arus keluar masuk barang baik berupa barang curah, konvensional maupun container. Terminal pelayanan peti kemas ekspor-impor di pelabuhan ini ada 2 terminal yaitu:

  1. Terminal penumpang Bandarmasih
  2. Terminal Petikemas Banjarmasin, termasuk 10 besar di Indonesia.

Pelabuhan Banjarmasin juga disinggahi oleh beberapa kapal penumpang seperti KM Kumala Diarsipkan 2018-09-19 di Wayback Machine., KM Setya Kencana dan KM Dharma Kencana. Ada 5 dermaga yang memegang peranan penting di Pelabuhan Banjarmasin yaitu Dermaga Trisakti Konvensional, Dermaga Peti Kemas, Dermaga Martapura Baru, Dermaga Pulang Pisau dan Dermaga Basirih.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]