Pekon Balak, Batu Brak, Lampung Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pekon Balak
Negara Indonesia
ProvinsiLampung
KabupatenLampung Barat
KecamatanBatu Brak
Luas-
Jumlah penduduk-
Kepadatan-

Pekon Balak adalah sebuah pekon (kampung) yang terletak di Kecamatan Batu Brak, Lampung Barat, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Penduduknya berjumlah 1.045 jiwa (2003).

Marga adalah pecahan dari suku ada marga Sukau di Kepaksian Nyerupa, Marga Kembahang di Kepaksian Bujalan Diway, Marga Kenyangan di Kepaksian Pernong, Marga Belunguh di Kepaksian Belunguh. Pekon Balak Kecamatan Batu Brak merupakan pemekaran dari Kecamatan Belalau, pusat pemerintahan kecamatan. Pekon Balak berada dalam Suku (marga) Kenyangan pada jaman colonial belanda pada tahun 1824 wilayah kenyangan se-kecamatan batu brak saat ini. Kepaksian Pernong Sekala Brak yang merupakan bagian dari Kepaksian Sekala Brak yang terdiri dari empat Kepaksian, yaitu Kepaksian Belunguh, Kepaksian Pernong Sekala Brak, Kepaksian Bejalan Diway dan Kepaksian Nyerupa yang memiliki wilayah yang sangat luas pada jaman itu. Dalam perkembangan sejarah dan sebutan terminologi sekarang Struktur Kepaksian, Struktur yang dipegang oleh seorang Saibatin, Sultan Sekala Brak PYM SPDB Pangeran Edward Syah Pernong bertahta di Istana Gedung Dalom di tabalkan pada 15 Syawal 1409 Hijriyah. dahulu pada zaman Kepaksian Sekala Brak sebutan Kepaksian adalah Kerajaan. Nama atau gelar Ratu dipegang oleh seorang laki-laki yang memegang pimpinan di suatu wilayah yang mempunyai Rakyat (Masyarakat). Saat ini Kepaksian Sekala Brak sebutannya adalah Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak, sebagai Simbol Komitmen bahwa Kepaksian Sekala Brak Sultan (Saibatin) nya sebagian besar para pejuang yang dimakamkan dimakam pahlawan, Jakarta, Lampung dan Sumatra Selatan. Karena itulah Sultan/Saibatin Raja Adat Dikepaksian lebih berkomitmen menggunakan istilah Kerajaan Adat Kepaksian Pernong Sekala Brak. Sebuah Struktur Organisasi dibawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan berkomitmen tentang keberadaan NKRI sebagai payung dari pada bangsa Indonesia dan Sekala Brak Adalah bagian dari pada Pilar-Pilar Penguat Kekokohan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kebudayaan masyarakat Pekon Balak Kecamatan Batu Brak yang merupakan bagian dari paksi pak sekala brak (Kepaksian Sekala Brak) adalah tradisi dan Budaya Lampung Saibatin. Setiap tahunnya pada Bulan Syawal setelah Idul Fitri diadakan Sekura (Festa Topeng) yang merupakan ungkapan kegembiraan untuk merayakan hari kemenangan selama satu minggu dimulai dari satu syawal, tradisi yang juga berkembang pada setiap menjelang Lebaran adalah ngelemang yaitu membakar lemang ada bambu, nyelippok sebagai sajian bagi para tetamu dan sanak keluarga yang bersilaturrahmi. Kesenian yang berkembang pada masyarakat Pekon Balak adalah orkes, nyambai, ngehahaddo, silik, takhi takhian dsb.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://repository.radenintan.ac.id/6069/1/SKRIPSI_FULL.pdf