Pekan Olahraga Nasional VI

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

PON VI yang seharusnya diselenggarakan di Jakarta pada tahun 1965 tidak jadi diselenggarakan akibat peristiwa pemberontakan G30S PKI.

Pada bulan Agustus 1964 telah terbentuk Dewan Olahraga Republik Indonesia (DORI) (sekarang KONI) di Jakarta yang bertugas menangani segala kegiatan dan urusan olahraga. Oleh DORI telah ditetapkan bahwa PON VI berlangsung di Jakarta pada tahun 1965.

Pada saat itu sebenarnya penyelenggaraan PON VI ini ditangani dengan penuh keyakinan mengingat telah dibangunnya Gelanggang Olahraga Senayan yang memiliki cukup banyak tempat pertandingan olahraga dan daya tampung yang cukup bagi para atlet peserta.

Selain itu dilihat dari hasil prestasi, Indonesia dalam Asian Games IV berhasil keluar sebagai urutan kedua teratas dalam pengumpulan medali. Pada tahun 1963 berikutnya Indonesia juga menjadi negara penyelenggara Games of The New Emerging Forces (GANEFO) dengan hasil yang cukup baik. Pada akhirnya penyelenggaraan acara olahraga ini tidak jadi terlaksana karena peristiwa G30S PKI.

Cabang Olahraga[sunting | sunting sumber]

Tidak ada

Peserta[sunting | sunting sumber]

Tidak ada