Pekan Olahraga Nasional 2028

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pekan Olahraga Nasional XXII 2028
Tuan rumahTBD
Jumlah disiplinTBD
Upacara pembukaanTBD
Upacara penutupanTBD
Tempat utamaTBD

Pekan Olahraga Nasional 2028 adalah penyelenggaraan ke-22 dari Pekan Olahraga Nasional yang merupakan ajang olahraga nasional utama.

Cabang Olahraga[sunting | sunting sumber]

Sebanyak 56 Cabang Olahraga akan digelar.

Pemilihan tuan rumah[sunting | sunting sumber]

Wacana[sunting | sunting sumber]

  •  Sumatra Barat
    Nasrul Abit bersama pasangannya Indra Catri, sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sumatra Barat 2020, menjadikan pencalonan Sumbar sebagai tuan rumah PON 2028 dalam program unggulannya.[1]
  •  Lampung
    Provinsi Lampung berencana mencalonkan diri menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) pada tahun 2028 mendatang. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung, Hanibal SH MH mengatakan, dengan mewacanakan menjadi tuan rumah, maka Pemerintah Provinsi (Pemprov) mempersiapkan berbagai arena sebagai penunjang pertandingan olahraga empat tahun sekali tersebut.
  •  Yogyakarta Jawa Tengah
    Komite Olahraga Nasional Indonesia DIY kembali mewacanakan untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional 2028 mendatang. Ketua Umum KONI DIY, Prof. Djoko Pekik Irianto mengatakan, pihaknya mengincar PON ke 22 yang akan berlangsung pada tahun 2028 sebagai target. Karena untuk PON 2024 digelar di Aceh dan Sumatra Utara. DIY kemudian paling memungkinkan untuk menjadi tuan rumah dengan menggandeng Jawa Tengah.[2]
  •  Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur
    Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTB) menyatukan tekad dan komitmen bersama untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXII tahun 2028 mendatang. Kebulatan tekad itu diwujudkan dalam sebuah pertemuan bersama KONI NTB-NTT yang berlangsung di Aston Kupang Hotel, Minggu tanggal 20 Desember 2020 petang. Yang hadir pada saat itu, Ketua Umum KONI Provinsi NTB, Andy Hedianto dan Ketua Umum KONI NTT, Dr. Andre W. Koreh bersama para pengurus dan pejabat dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) NTT.[3]
  •  Kalimantan Selatan
    Gagal menjadi tuan rumah PON 2024 nanti, Kalimantan Selatan kembali mengincar tuan rumah PON selanjutnya pada 2028 nanti. Untuk mempersiapkan hal itu, Pemprov Kalsel Dinas Pemuda dan olahraga (Dispora) Kalsel mengumpulkan seluruh perwakilan cabang olahraga, termasuk perwakilan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) se-Kalsel. Pertemuan itu dikemas dalam acara Pembinaan Manajemen Organisasi Olahraga di Hotel Rattan Iin Banjarmasin pada tanggal 28 September 2020.
  •  Sulawesi Selatan
    Provinsi Sulawesi Selatan mulai membidik target menjadi tuan rumah PON pada Tahun 2028 mendatang. "Kita harus (jadi tuan rumah PON) makanya kita persiapkan," kata Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di Makassar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Memperjuangkan Sumbar Sebagai Tuan Rumah PON 2028". Diakses tanggal 11 November 2020. 
  2. ^ Gading Persada (25 Maret 2020). "KONI DIY Ajak Jateng jadi Tuan Rumah Bersama PON - SuaraMerdeka - suaramerdeka.com". www.suaramerdeka.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-07-14. Diakses tanggal 17 Juli 2020. 
  3. ^ "NTB-NTT siapkan strategi jadi tuan rumah PON". timexkupang.com. Diakses tanggal 5 Januari 2021. 
Didahului oleh:
Aceh–Sumut 2024
Pekan Olahraga Nasional XXII
TBD 2028
Diteruskan oleh:
TBD 2032