Pegunungan Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Pegunungan Selatan adalah taman hijau terbuka seluas 9 kilometer yang berada di Singapura yang menghubungkan Taman Puncak Faber, Taman Bukit Telok Blangah, dan Taman Gunung Kent. Daerah ini adalah rumah bagi tanaman dan hewan serta memiliki sejumlah spesies capung. Fitur yang paling mencolok adalah tempat berjalan treetop-level yang menyeberangi hutan lebat, dan setinggi 120 meter dari atas tanah. Jembatan ini sama sekali tidak mengganggu tata letak alami atau tatanan dari hutan tersebut, bahkan, proyek ini dibangun dengan tujuan agar dapat hidup berdampingan secara damai dengan vegetasi dan hewan yang ada di dalamnya.Pengunjung dapat berjalan di sepanjang jalan dan menikmati hutan yang subur.

Taman[sunting | sunting sumber]

Tempat ini memiliki 3 taman yakni Puncak Faber, Taman Bukit Telok Blangan, Taman Gunung Kent.

Puncak Faber

Taman Puncak Faber[sunting | sunting sumber]

Taman Puncak Faber adalah salah satu taman tertua di Singapura dan menjadi tujuan wisata. Taman ini dihubungkan oleh Jembatan Bergelombang Henderson menuju Taman Bukit Telok Blangah.[1] Taman ini terdiri dari tempat-tempat menarik seperti Deck Marina, Palm Plaza, Jewel Box, dan Faber Point.

Taman Bukit Telok Blangan[sunting | sunting sumber]

Taman Bukit Telok Blangah adalah sebuah taman yang terletak di Telok Blangah Green, Jalan Henderson. Taman ini memiliki luas sebesar 34 hektare dan merupakan tempat yang populer bagi pasangan pernikahan,dari taman ini kita mendapatkan pemandangan yang menakjubkan dari Singapura secara 360 derajat.

Taman Gunung Kent

Taman Gunung Kent[sunting | sunting sumber]

Taman Gunung Kent adalah taman umum seluas 47 hektare menghubungkan antara Universitas Nasional Singapura dan Taman Sains Singapura. Tempat ini merupakan tempat yang populer bagi pengamat burung dan pengunjung yang ingin menikmati suasana tenang jauh dari hiruk-pikuk kehidupan kota.

Jembatan[sunting | sunting sumber]

Forest Walk

Forest Walk[sunting | sunting sumber]

Hutan Berjalan (丛林小径) memiliki panjang 1.3 kilometer dan melalui hutan sekunder di Taman Bukit Telok Blangah serta penghubung menuju jembatan Jembatan Melengkung Alexandra. Forest Walkway memiliki ketinggian berkisar dari 3 meter (9,8 kaki) hingga 18 meter (59 kaki) hingga kanopi pohon dan menawarkan pemandangan hutan yang luas

Jembatan Bergelombang Henderson

Jembatan Bergelombang Henderson[sunting | sunting sumber]

Jembatan Bergelombang Henderson (亨德森波浪桥) adalah jembatan penyeberangan dengan panjang 274 meter (899 kaki) dengan ketinggian 36 meter (118 kaki), jembatan ini adalah jembatan penyeberangan tertinggi di Singapura. Menghubungkan Taman Puncak Faber dan Taman Bukit Telok Blangah.Dirancang oleh IJP Corporation, London, dan RSP Perencana Arsitek dan Insinyur (PTE) Ltd, Singapura.

Jembatan Melengkung Alexandra

Jembatan Melengkung Alexandra[sunting | sunting sumber]

Jembatan Melengkung Alexandra (亚历山大拱桥) merupakan Jembatan penghubung antara Hilltop Walk dan Forest Walk, Jembatan ini memiliki panjang 80m dengan arsitektur yang unik dan tampak seperti daun yang terbuka, dengan dek melengkung 70 derajat.Alexandra Arch diterangi oleh lampu LED pada malam hari. Lampu berubah warna menampilkan warna bervariasi dari spektrum warna senja.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Henderson Waves". National Parks Board. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]