Peake's Commentary on the Bible

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Peake's Commentary on the Bible ("Komentari Alkitab Peake") adalah komentari satu-volume Alkitab yang memberikan perhatian khusus pada arkeologi Alkitab dan penemuan-penemuan terbaru naskah Alkitab waktu itu.

Edisi[sunting | sunting sumber]

Edisi pertama[sunting | sunting sumber]

Komentari Alkitab Peake pertama kali diterbitkan pada tahun 1919 dengan judul A Commentary on the Bible ("Sebuah Komentari Alkitab"), diedit oleh Arthur Samuel Peake (1865-1929) dengan bantuan dari A. J. Grieve untuk Perjanjian Baru. Ada 61 kontributor, yang menulis 96 artikel. Isinya 1014 halaman + 8 peta. Kutipan Alkitab dalam edisi ini adalah dari Versi Revisi Alkitab.

  • edisi pertama: T. C. dan E. C. Jack, London, 1919
    • Publikasi diteruskan ke Nelson pada tahun 1920
  • dicetak ulang dengan 40 halaman suplemen diedit oleh A. J. Grieve (setelah kematian Peake) pada tahun 1937

Edisi revisi[sunting | sunting sumber]

Edisi Revisi tahun 1962 diedit oleh Matthew Black (1908-1994), Editor Umum dan Perjanjian Baru, bersama dengan Harold Henry Rowley (1890-1969), Editor Perjanjian Lama. Edisi ini benar-benar ditulis ulang, tapi dengan bagan yang sama seperti pendahulunya, meliputi 103 artikel.Dalam Kata Pengantar Black memuji karya aslinya; "Tentang satu hal ini tidak ada pertanyaan: tidak akan ada keberangkatan dari tradisi Peake untuk kesarjanaan populer yang akurat dan tepercaya." Isinya 1126 halaman + 16 peta. Edisi baru ini didasarkan pada Revised Standard Version. 62 kontributor berasal dari semua[butuh rujukan] cabang-cabang Protestan di Eropa dan Amerika Serikat. Tujuannya adalah untuk menyajikan bagi orang awam "hasil dari Kritik Alkitab, Tafsir, Sejarah dan Teologi yang diterima secara umum".

Referensi[sunting | sunting sumber]