Paule Mink

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Paule Mink
LahirAdèle Paulina Mekarska
(1839-11-09)9 November 1839
Clermont-Ferrand, Prancis
Meninggal28 April 1901(1901-04-28) (umur 61)
Dikenal atasfeminis dan revolusioner sosialis

Paule Mink (nee Adèle Paulina Mekarska; 9 November 1839 – 28 April 1901) adalah seorang feminis Prancis dan revolusioner sosialis keturunan Polandia. Dia berpartisipasi dalam Komune Paris dan Internasional Pertama. Nama samarannya juga terkadang dieja Minck.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Adèle Paulina Mekarska lahir pada 9 November 1839, di Clermont-Ferrand. Ayahnya, Pangeran Jean Nepomucène Mekarski, adalah seorang perwira Polandia yang pergi ke pengasingan setelah pemberontakan Polandia tahun 1830 yang gagal; dia adalah kerabat raja Polandia terakhir, Stanislas II. Ibunya adalah seorang bangsawan, Jeanne-Blanche Cornelly de la Perrière. Orang tua Adle adalah kaum liberal yang tercerahkan yang tampaknya menjadi penganut sosialisme utopis Henri de Saint-Simon. Adle dididik dengan baik, sebagian besar oleh tutor pribadi. Dia memiliki dua adik laki-laki, Louis dan Jules; keduanya berpartisipasi dalam pemberontakan Polandia tahun 1863 dan di Komune Paris.

Adle menjadi seorang republikan dan penentang rezim Napoléon III sekitar tahun 1850-an. Sebagai seorang wanita muda dia menikah dengan seorang bangsawan Polandia, Pangeran Bohdanowicz, dengan siapa dia memiliki dua anak perempuan, Anna dan Wanda. Tidak banyak yang diketahui tentang zaman ini dalam hidupnya, tetapi pernikahan itu tampaknya tidak bahagia dan berakhir dengan perceraian. Baik tanggal pernikahannya, maupun perceraiannya dari, Bohdanowicz tidak diketahui. Mungkin pernikahan mengubah pikiran Adle ke arah penindasan terhadap wanita. Pada tahun 1867, ia pindah ke Paris, di mana ia memberikan kursus bahasa dan bekerja sebagai penjahit. Dia juga berhubungan dengan organisasi patriotik Polandia dan dengan lingkaran sosialis revolusioner.

Pada tahun 1866 sebuah kelompok feminis bernama "Société pour la Revendication du Droit des Femmes" mulai bertemu di rumah André Léo. Anggota termasuk Paule Minck, Louise Michel, Eliska Vincent, Élie Reclus dan istrinya Noémie, Mme Jules Simon dan Caroline de Barrau. Maria Deraismes juga berpartisipasi. Karena berbagai pendapat, kelompok tersebut memutuskan untuk fokus pada masalah peningkatan pendidikan anak perempuan.[1]

Adèle pertama kali muncul di panggung publik pada tahun 1868, ketika dia mulai berbicara dan menulis tentang isu-isu perempuan dan sosialisme. Dia yakin bahwa emansipasi wanita hanya dapat dicapai sepenuhnya melalui penghapusan kapitalisme. Dia berkontribusi pada jurnal terhormat La Réforme dan bergabung dengan Internasional Pertama. Dengan temannya André Léo, dia mendirikan "Masyarakat Persaudaraan Pekerja Wanita" yang bernama aneh ("Société fraternelle de l'ouvrière"). Itu didasarkan pada prinsip mutualis yang diilhami oleh Pierre-Joseph Proudhon. Adle sekarang menyebut dirinya 'Paule Mink' atau 'Minck' (dia menggunakan kedua ejaan) dan menjadi orator yang tak kenal lelah di pertemuan sosialis dan feminis. Dia juga aktif dalam memberikan bantuan kepada pengungsi Polandia dari kekaisaran Rusia.

Pada suatu waktu, Adle memiliki hubungan dengan pelukis Jean-Baptiste Noro, dengan siapa dia memiliki dua anak perempuan lagi, bernama Mignon dan Jeanne-Héna.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McMillan 2002, hlm. 130.