Paul Otlet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Paul Otlet
Paul Otlet à son bureau (cropped).jpg
Lahir 23 Agustus 1868
Brussels, Belgia
Meninggal 10 Desember 1944 (umur 76)
Brussels, Belgia
Kebangsaan Belgia
Bidang Ilmu informasi
Institusi Institut International de Bibliographie (sekarang bernama International Federation for Information and Documentation)
Alma mater
Dikenal karena Menjadi salah satu yang dianggap sebagai bapak ilmu informasi
Dipengaruhi Henri La Fontaine, Edmond Picard, Melvil Dewey
Memengaruhi Andries van Dam, Suzanne Briet, Douglas Engelbart, J.C.R. Licklider, Ted Nelson, Tim Berners-Lee, Vannevar Bush, Michael Buckland, Robert M. Hayes, Luciano Floridi, Frederick Kilgour, Alexander Ivanovich Mikhailov, S. R. Ranganathan, Gerald Salton, Jesse Shera, Warren Weaver

Paul Marie Ghislain Otlet (lahir di Brussels, Belgia, 23 Agustus 1968 – meninggal di Brussels, Belgia, 10 Desember 1944 pada umur -24 tahun) adalah seorang penulis, pengusaha, visioner, pengacara dan seorang aktivis perdamaian yang berasal dari Belgia. Dia menjadi sekian dari beberapa orang yang dikenal sebagai bapak dari ilmu informasi yang disebutnya sendiri sebagai "dokumentasi". Dia dikenal sebagai penemu dari klasifikasi desimal semesta.

Otlet dan Henri La Fontaine mendirikan kantor pusat asosiasi internasional setelah adanya konferensi sedunia yang amat besar di tahun 1907 yang pernah berubah nama menjadi Union of International Association sejak tahun 1910 serta masih berlokasi di Brussels. Dua orang ini pun mendirikan pusat internasional besar yang pada awalnya disebut dengan Palais Mondial atau istana dunia. Mereka berdua seorang aktivis perdamaian yang menjadi pendukung politik internasionalis Liga Bangsa-Bangsa dan International Institute of Intellectual Cooperation miliknya (pelopor UNESCO).

Referensi[sunting | sunting sumber]