Paul Bhagwandas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Paul Bhagwandas (lahir di Suriname, 1950 - meninggal di Paramaribo, Suriname 1996) adalah seorang tokoh militer Suriname yang terlibat dalam kudeta militer pada 25 Februari 1980. Ia memegang pangkat sersan saat itu, dan kemudian berkuasa dari tahun 1980 hingga 1987. Bhagwandas menjabat sebagai komandan Batalyon III Fort Zeelandia dan menjadi orang ketiga terpenting dalam hierarki militer Suriname, setelah Desi Bouterse dan Roy Horb. Ia dikenal dengan julukan "Tukang Jagal Fort Zeelandia" karena dituduh melakukan tindakan kejam.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Paul Bhagwandas mengikuti pelatihan militer di Belanda seperti halnya Desi Bouterse. Ia belajar di NCO Militer Royal School di Weert, Belanda, dan kemudian bertugas di dinas militer Belanda bersama Bouterse dan Surendre Rambocus. Setelah Suriname merdeka pada tahun 1975, Bhagwandas bersama sejumlah tentara Suriname kembali ke tanah air mereka untuk bekerja di Angkatan Bersenjata Suriname yang baru dibentuk (SCM).

Kudeta[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 25 Februari 1980, Paul Bhagwandas bersama 15 anggota militer lainnya melakukan kudeta militer di Suriname yang dikenal sebagai Kudeta Sersan. Setelah kudeta, muncul ketidakpuasan di antara penduduk dan intelektual. Pada awal Desember, Bhagwandas mengutarakan keinginannya pada pertemuan militer dan berbicara tentang tindakan yang mungkin dilakukan demi menyelamatkan revolusi Suriname. Ia menyatakan bahwa tindakan drastis perlu diambil demi keselamatan revolusi. Sebelum tanggal 7 Desember, diadakan pertemuan untuk memilih siapa saja tokoh oposisi yang akan disingkirkan. Bhagwandas bertanggung jawab atas penangkapan dan penahanan sejumlah orang oposisi yang ditangkap di Fort Zeelandia.

Pembunuhan Desember[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 8 Desember 1982, Bhagwandas dan Bouterse terlibat dalam peristiwa pembunuhan yang kemudian dikenal sebagai Pembantaian Desember di Suriname. Saat itu, sekitar 15 orang, termasuk wartawan, pendukung demokrasi, dan tokoh militer yang kritis terhadap pemerintahan, ditangkap dan dibawa ke Fort Zeelandia, markas militer di Paramaribo.

Bhagwandas merupakan komandan batalyon III di Fort Zeelandia pada saat itu dan bertanggung jawab atas penahanan para tahanan tersebut. Ia diketahui terlibat dalam interogasi dan penyiksaan para tahanan. Pada malam pembantaian, Bhagwandas memutuskan bahwa para tahanan harus dieliminasi, dan bersama dengan Bouterse, ia terlibat dalam pembunuhan beberapa tokoh oposisi, termasuk Letnan Surendre Rambocus, pemimpin Serikat Buruh Nasional Cyrill Daal, dan pengacara Bram Behr.

Bhagwandas juga disebut sebagai "tukang jagal Fort Zeelandia" karena kekejaman dan kebrutalannya dalam memperlakukan para tahanan. Ada laporan bahwa ia menganiaya para tahanan secara fisik dan psikologis selama masa penahanan mereka di Fort Zeelandia.

Setelah peristiwa pembantaian, Bhagwandas tetap aktif di militer Suriname dan menjadi salah satu tokoh penting dalam pemerintahan Bouterse. Namun, pada tahun 1987, ia meninggalkan militer dan berpisah dengan Bouterse. Bhagwandas meninggal dunia pada tahun 1996 di Paramaribo.

Deklarasi dan kematian[sunting | sunting sumber]

Henry Behr, saudara wartawan Bram dibunuh Behr dicari Bhagwandas jumat malam, sesaat sebelum kematiannya pada tahun 1996 di rumahnya. Dia mengatakan kalau mempunyai urusan dengan Henri Behr dan Bhagwandas mengakui karena ikut dalam pembunuhan saudaranya dan berkata "Oke, saya menembak mati mereka, tetapi untuk anggota militer Rambocus dan pemimpin Buruh Cyrill Daal, Desi yang melakukan itu. Menurut Behr, Bhagwandas juga mengatakan bahwa Bouterse hadir dan ada di Fort Zeelandia malam itu, Surendre Rambocus dan Cyrill Daal ditembak mati oleh Bouterse. Behr mengambil bagian rahasia percakapan. kemudian kepada Presiden Hak Asasi Manusia PBB Asosiasi Hak Asasi Manusia OGV (Organisasi untuk Keadilan dan Perdamaian), namun rekaman ini hilang. Bhagwandas meninggal pada tahun 1996 setelah lama sakit.