Patung Roland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Patung Roland adalah sebuah patung yang menjadi lambang Kota Bremen, Jerman dan memiliki usia lebih dari 600 tahun. Dibangun pada tahun 1404, Patung Roland di Bremen telah dinobatkan sebagai salah satu warisan dunia UNESCO bersama dengan balaikota yang juga sangat bersejarah. “Roland” konon dikenal sebagai salah satu ksatria Jerman zaman dahulu yang berperang di bawah Kaisar Karel yang Agung[1]. Roland kemudian menjadi sangat tersohor karena tekadnya dalam melindungi kota dan keberaniannya untuk menyuguhkan kemerdekaan bagi rakyat Jerman. Patung yang memiliki tinggi 5,47 m dan berdiri di atas mimbar setinggi 60 cm itu akhirnya dinobatkan sebagai simbol kebebasan dan kemerdekaan. Patung Roland sendiri memiliki tampilan yang sangat gagah; memegang prisai Kota Bremen di depan dada dan menghadap ke katedral. Selama patung Roland berdiri di Market Square Arena, Bremen, warga Jerman akan selalu mengingat akan hakikat penting dari adanya kebebasan dan kemerdekaan.[2] Menurut legenda, warga Jerman juga percaya bahwa Kota Bremen akan selalu aman selama ada Roland yang terus menjaga kota tersebut.

Keberadaan Patung Roland sebagai 'penjaga' Kota Bremen sangat ikonik. Di bawah kakinya melingkar pagar-pagar kecil yang menjadi pembatas agar pengunjung Kota Bremen tidak merusak Patung Roland ketika hendak mengambil gambar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 100 Peristiwa Penting Dalam Sejarah Kristen. BPK Gunung Mulia. ISBN 9789799290168. 
  2. ^ www.infomax-online.de, infomax websolutions GmbH -. "Roland statue - Historical and Hanseatic - Must-see attractions in Bremen - Bremen at a glance - Bremen Tourism". www.bremen-tourism.de. Diakses tanggal 2017-10-12.