Patrick Battiston

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Patrick Raymond Jean Battiston (lahir 12 Maret 1957) adalah mantan pemain sepak bola Prancis yang bermain sebagai bek bagi tim nasional Prancis dalam tiga Piala Dunia dan memenangkan Kejuaraan Sepak Bola Eropa 1984 . Di level klub, ia bermain untuk Metz, Saint-Étienne, Bordeaux, dan Monaco, memenangkan lima gelar Ligue 1 dan satu Coupe de France .

Karier Internasional[sunting | sunting sumber]

Battiston memperoleh 56 caps bersama tim nasional Prancis dan mencetak tiga gol. Dirinya mewakili Prancis dalam Piala Dunia 1978, 1982, dan 1986, serta turut membawa Prancis menjadi juara pada Kejuaraan Sepak Bola Eropa 1984.

Insiden di Piala Dunia 1982[sunting | sunting sumber]

Battiston terutama diingat karena sebuah insiden pada babak semifinal Piala Dunia FIFA 1982 di Sevilla. Saat itu Prancis berhadapan dengan Jerman Barat . Battiston masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua dan sepuluh menit kemudian dirinya memperoleh peluang dari umpan terobosan dari Platini. Battiston berhasil melewati pertahanan Jerman Barat dan tinggal berhadapan dengan penjaga gawang Harald Schumacher.

Schumacher berlari ke arah Battiston ketika pemain Prancis itu melepaskan tembakan yang melenceng. Schumacher melompat ke udara, memutar tubuhnya dan bertabrakan dengan Battiston. Dalam insiden tersebut pinggul Schumacher mengenai wajah Battiston yang langsung jatuh tak sadarkan diri, dengan tulang belakang yang rusak dan gigi patah. Battiston kemudian mengalami koma. Petugas medis darurat di lapangan sampai terpaksa harus memberikan oksigen di lapangan. Michel Platini kemudian mengatakan bahwa dia pikir Battiston sudah mati, karena "dia tidak memiliki denyut nadi dan tampak pucat".[1]

  1. ^ Russian Roulette in Seville