Patra Telekomunikasi Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

PT. Patra Telekomunikasi Indonesia atau Patrakom adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan telekomunikasi satelit dan terestrial[1]. Patrakom menyediakan telekomunikasi yang diperuntukkan bagi perusahaan-perusahaan, bukan untuk publik[2]. Patrakom juga merupakan perusahaan penyelenggara telekomunikasi jaringan tertutup[2]. Patrakom berdiri pada tahun 1995[1]. Layanannya mencakup telekomunikasi seperti jaringan komunikasi data, suara, video, multimedia dan internet berdasarkan satelit[1]. Saat ini Patrakom telah memiliki lisensi dalam bidang Penyelenggaraan jaringan tetap tertutup, penyelenggaraan jasa akses internet, Network Access Poin (NAP), penyelenggaraan jasa interkoneksi, dan SISKOMDAT atau penyelenggaraan jasa Sistem Komunikasi Data[2].

Akuisisi oleh TELKOM[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2013, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengukuisisi saham Patrakom sebanyak 80% untuk masuk ke pasar maritim broadband[1][2]. Sejak bermitra bersama Telkom, Patrakom memanajemen bisnis satelit broadband yang difokuskan pada minyak, gas dan pertambangan industri, satelit kelautan dan perkebunan[2].

Patrakom juga bermitra dengan produsen peralatan telekomunikasi lain untuk melayani berbagai kebutuhan perusahaan-perusahaan dalam bidang[1]:

  1. Minyak & Pertambangan Telekomunikasi (Telekomunikasi Seluler Operator)
  2. Lembaga Keuangan Perbankan & (sistem on-line)
  3. Media Informasi (siaran pencetakan jarak jauh)
  4. perkebunan pariwisata Pemerintah (Departemen) maritim

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e (Inggris) PT. Patra Telekomunikasi Indonesia. "Menjangkau Ke Seluruh Pelosok Negeri". Diakses tanggal 23-Januari-2015. 
  2. ^ a b c d e (Indonesia) INDOTELKO. "Garap Maritime Broadband, Telkom Kuasai Patrakom". Diakses tanggal 23-Januari-2015.