Pasukan Lintas Udara Rusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pasukan Lintas Udara Rusia
Воздушно-десантные войска России
Vozdushno-desantnye voyska Rossii
Lambang Pasukan Lintas Udara Rusia
Aktif1930 – saat ini
Negara Rusia
Tipe unitPasukan lintas udara
Pasukan terjun payung
Jumlah personel72.000+ penerjun[1]
Bagian dariAngkatan Bersenjata Rusia
JulukanВДВ (VDV), Baret Biru, Infanteri Bersayap
PelindungSanto Elia sang Nabi[2]
MotoНикто, кроме нас!
Bukan siapa-siapa, tetapi kami!
HimneСинева
Biru
Pertempuran
Tokoh
Panglima Pasukan Lintas Udara Rusia Koljen Andrey Serdyukov
Kepala Staf dan Wakil Panglima Pertama Koljen Yevgeniy Ustinov
Insignia
Bendera
Lambang

Pasukan Lintas Udara Rusia (bahasa Rusia: Воздушно-десантные войска России, ВДВ; Vozdushno-desantnye voyska Rossii, VDV; "Pasukan Pendarat Udara") adalah cabang pasukan terpisah dari Angkatan Bersenjata Federasi Rusia. Pertama kali dibentuk sebelum Perang Dunia II, pasukan ini melakukan dua operasi lintas udara yang signifikan dan sejumlah lompatan kecil selama perang dan selama bertahun-tahun setelah 1945 menjadi salah satu pasukan lintas udara terbesar di dunia.[3] Kekuatan ini terpecah setelah pembubaran Uni Soviet, kehilangan divisi ke Belarus dan Ukraina, dan telah berkurang ukurannya.

Pasukan Lintas Udara Rusia secara tradisional mengenakan baret biru langit dan pakaian telnyashka bergaris biru yang disebut desant (bahasa Rusia: Десант), dari bahasa Prancis Descente.[4]

Pasukan Lintas Udara Rusia terkenal dengan mobilitas mereka, memanfaatkan sejumlah besar kendaraan yang dirancang khusus yang dibangun untuk transportasi udara, dengan demikian mereka sepenuhnya mekanis dan secara tradisional memiliki pelengkap persenjataan berat yang lebih besar daripada kebanyakan pasukan lintas udara kontemporer.[5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Era Soviet[sunting | sunting sumber]

Lompatan parasut pasukan udara pertama dilakukan pada tanggal 2 Agustus 1930, berlangsung di Distrik Militer Moskow. Detasemen pendaratan udara didirikan setelah lompatan eksperimental awal tahun 1930, tetapi pembentukan unit yang lebih besar harus menunggu hingga 1932–1933. Pada 11 Desember 1932, sebuah perintah Dewan Militer Revolusioner membentuk brigade lintas udara dari detasemen yang ada di Distrik Militer Leningrad.[6]

Pasukan penerjun Soviet terjun dari pesawat Tupolev TB-3

Markas Besar Angkatan Darat Pengawal ke-9 berganti nama menjadi Markas Besar Pasukan Lintas Udara pada Juni 1946 setelah perang berakhir.[7] Unit-unit tentara dikeluarkan dari urutan pertempuran Angkatan Udara Uni Soviet dan ditugaskan langsung ke Kementerian Angkatan Bersenjata Uni Soviet.

Ada kepercayaan dari Barat yang keliru, antara penipuan Soviet yang disengaja atau yang berasal dari kebingungan di Barat, bahwa Divisi Lintas Udara, yang dilaporkan sebagai Divisi ke-6, sedang dipertahankan di Belogorsk di Timur Jauh pada 1980-an.[8] Divisi maskirovka ini kemudian 'dibubarkan' kemudian pada 1980-an, menyebabkan komentar jurnal profesional Barat bahwa divisi lain kemungkinan akan direformasi sehingga Timur Jauh akan memiliki pasukan lintas udara.

Era Rusia[sunting | sunting sumber]

Dengan runtuhnya Uni Soviet, jumlah divisi VDV telah menyusut drastis dari tujuh menjadi empat divisi, serta empat brigade dan pusat pelatihan berukuran brigade.[9] Pada Oktober 2013, Shamanov mengumumkan bahwa brigade serangan udara baru akan dibentuk di Voronezh pada 2016 dengan jumlah Resimen Lintas Udara Pengawal Terpisah ke-345.[10] Pembentukan brigade ditunda hingga 2017–18, menurut pengumuman Juni 2015.[11] Diumumkan pada bulan Juli 2015 bahwa rencana menyerukan agar Brigade Lintas Udara ke-31 diperluas menjadi Divisi Lintas Udara Pengawal ke-104 pada tahun 2023,[12] dan resimen lintas udara tambahan akan ditambahkan di setiap divisi.[13]

Sejak tahun 1996, VDV mengirimkan Brigade Lintas Udara Terpisah ke-1 ke Bosnia dan Herzegovina sebagai bagian dari misi Multi-National Division North IFOR. Brigade itu, secara tidak biasa, menggunakan peralatan Angkatan Darat Rusia seperti BTR-80.

Patch Pasukan Lintas Udara Rusia

Divisi VDV dilengkapi dengan kendaraan tempur lapis baja, artileri, senjata anti-pesawat, truk, dan jip. Jadi unit VDV memiliki mobilitas dan daya tembak yang unggul dengan kendaraan ini. Setiap divisi memiliki kedua resimen yang dilengkapi dengan mereka dan turunannya. (Setiap divisi dulunya memiliki tiga resimen, tetapi yang ke-106 adalah yang terakhir, dan kehilangan resimen ketiganya pada tahun 2006.) Dengan pengurangan pasukan setelah tahun 1991, Angkatan Udara ke-61, angkatan transportasi udara militer Rusia, memiliki cukup banyak pesawat angkut berat operasional. untuk memindahkan satu divisi udara, berawak pada standar masa damai, dalam dua setengah lift. Brigade independen tunggal, 31 di Ulyanovsk, bagaimanapun, tidak dilengkapi dengan baju besi atau artileri sendiri dan mungkin setara dengan pasukan udara Barat, yang berfungsi sebagai infanteri ringan dan harus berjalan ketika mencapai tujuan mereka. Yang ke-31 adalah mantan Divisi Lintas Udara Pengawal ke-104.

Pada April 2020, personel militer dari Pasukan Lintas Udara Rusia melakukan penerjunan HALO (high altitude-low opening) pertama di dunia dari perbatasan bawah stratosfer Arktik. Kelompok komando Rusia menggunakan "sistem parasut khusus generasi baru", peralatan oksigen yang teruji militer, perangkat navigasi, peralatan khusus, dan seragam. Ini adalah pendaratan ketinggian tinggi pertama di garis lintang Arktik lebih dari 10 km dalam sejarah penerbangan Rusia. Awak pesawat Il-76 mendarat di lapangan terbang paling utara negara itu di pulau Daratan Franz Josef. Sebagai bagian dari misinya di wilayah Arktik, awak pesawat menyediakan pendaratan unit udara dari ketinggian 10 dan 1,8 ribu meter, serta pendaratan kargo dengan berat total sekitar 18 ton. Setelah melakukan latihan tempur praktis, awak pesawat Il-76 mendarat di lapangan terbang Nagurskoe di bagian utara pulau Daratan Franz Josef. Pendaratan dari ketinggian ini didedikasikan untuk memperingati 75 tahun kemenangan dalam Perang Patriotik Raya tahun 1941-1945 dan peringatan 90 tahun pembentukan pasukan Lintas Udara.[14][15]

Invasi Rusia ke Ukraina[sunting | sunting sumber]

Pasukan Lintas Udara VDV di Bandara Hostomel selama Pertempuran Bandara Antonov.

VDV berpartisipasi dalam invasi Rusia ke Ukraina. Pada jam-jam awal invasi, VDV berusaha mengamankan bandara-bandara utama dan mendukung serangan di sekitar Ukraina. Pasukan terjun payung ini dapat dikenali dari pita Santo Georgius berwarna oranye-hitam yang menghiasi helm dan lengan mereka.[16]

VDV terjun untuk menaklukkan Bandara Hostomel di Kyiv utara, untuk mengangkut lebih banyak pasukan dan alat berat untuk mengambil alih Kyiv,[17] sehingga memungkinkan pasukan Rusia dikerahan lebih cepat jauh di front depan, ini kemudian dikenal sebagai Pertempuran Bandara Antonov. Di bandara itu Pasukan VDV menyerang Brigade Reaksi Cepat ke-4 Garda Nasional Ukraina, yang dengan bantuan Angkatan Udara Ukraina mereka berhasil mengepung pasukan VDV dan merebut kembali bandara, sementara pasukan VDV Rusia melarikan diri ke hutan terdekat.[18]

Selama Pertempuran Kharkiv, pasukan VDV terjun di Kharkiv pada 2 Maret untuk merebut kota itu.[19] Mereka mencoba menyerang sebuah rumah sakit militer setempat namun berhasil diusir oleh pasukan Ukraina lokal.[20]

Menurut BBC News Russian dan situs berita Mediazona, VDV telah kehilangan 914 personel pada 21 Juli 2022.[21][22]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1]
  2. ^ [2]
  3. ^ p.386, Isby
  4. ^ www.classes.ru https://www.classes.ru/all-russian/russian-dictionary-Vasmer-term-3162.htm. Diakses tanggal 2021-10-13.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  5. ^ "A look into the modern Russian Airborne Forces | The Vineyard of the Saker" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-13. 
  6. ^ Glantz, The Soviet Airborne Experience, 1984, 8, 164, citing Sukhorukov, Sovetskie vozdushno; 34; Lisov, Desantniki, 22.
  7. ^ "9th Guards Combined Arms Army". www.ww2.dk. Diakses tanggal 2021-10-14. 
  8. ^ IISS Military Balance 1985–86 p.29; Isby, Weapons and Tactics of the Soviet Army, p.36; Myles L. C. Robertson, Soviet Policy Towards Japan: An Analysis of Trends in the 1970s and 1980s, 115, via Google Books.
  9. ^ IISS The Military Balance 2014, p.181
  10. ^ "В Воронеже сформируют новую десантно-штурмовую бригаду ВДВ". Российская газета (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2021-10-14. 
  11. ^ "Минобороны передвинуло сроки создания новой бригады ВДВ в Воронеже". ИА REGNUM (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2021-10-14. 
  12. ^ "Ульяновскую 31-ю бригаду ВДВ переформируют в дивизию к 2023 году". РИА Новости (dalam bahasa Rusia). 20180505T1328. Diakses tanggal 2021-10-14. 
  13. ^ "Russian Defense Ministry to build up strength of airborne assault divisions". TASS. Diakses tanggal 2021-10-14. 
  14. ^ "ЦАМТО / Новости / Экипажи ВТА обеспечили первое в истории высотное десантирование подразделений ВДВ". armstrade.org. Diakses tanggal 2021-10-14. 
  15. ^ "Российские десантники впервые в мировой истории совершили десантирование в составе группы на новых парашютных системах с высоты 10 000 метров в арктических условиях : Министерство обороны Российской Федерации". function.mil.ru. Diakses tanggal 2021-10-14. 
  16. ^ "Russian soldiers drop from sky at edge of Kyiv". France 24 (dalam bahasa Inggris). 2022-02-24. Diakses tanggal 2022-10-03. 
  17. ^ CNN, By <a href="/profiles/aditi-sandal">Aditi Sangal</a>, <a href="/profiles/meg-wagner">Meg Wagner</a>, <a href="/profiles/adrienne-vogt">Adrienne Vogt</a>, Melissa Macaya, Rob Picheta, <a href="/profiles/lauren-moorhouse">Lauren Said-Moorhouse</a>, Ed Upright, Maureen Chowdhury and <a href="/profiles/fernando-alfonso-iii">Fernando Alfonso III</a> (2022-02-24). "On the ground: Russian forces take control of an air base near Kyiv, Ukraine". CNN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-10-03. 
  18. ^ Roblin, Sebastien (2022-02-25). "Pictures: In Battle for Hostomel, Ukraine Drove Back Russia's Attack Helicopters and Elite Paratroopers". 19FortyFive (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-10-03. 
  19. ^ "Russian forces assaulting Kharkiv — reports". www.timesofisrael.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-10-03. 
  20. ^ readMarch 2, Zoe ZaczekDigital Reporterless than 2 min; 2022 - 5:21pm (2022-03-02). "Russian paratroopers launch fresh attack on embattled Kharkiv". skynews (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-10-03. 
  21. ^ "Всплеск смертей офицеров: что известно о потерях России в Украине к концу июля". BBC News Русская служба (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2022-10-03. 
  22. ^ "Потери России в войне с Украиной. Сводка «Медиазоны»". Медиазона (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2022-10-03.