Pasquale Paoli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pasquale Paoli.

Filippo Antonio Pasquale di Paoli FRS (diucapkan [fiˈlippo anˈtɔːnjo paˈskwaːle di ˈpaːoli]; bahasa Prancis: Pascal Paoli; 6 April 1725 – 5 Februari 1807) adalah seorang pemimpin dan patriot Korsika yang pernah menjabat sebagai Presiden Dewan Eksekutif Majelis Umum Rakyat Korsika. Paoli juga merupakan perumus Konstitusi Korsika.

Republik Korsika merupakan demokrasi perwakilan yang menegaskan bahwa anggota Majelis Korsika yang terpilih tidak memiliki atasan. Paoli sendiri dipilih dan tidak diangkat oleh orang lain. Ia menjadi komandan tertinggi angkatan darat dan juga magistrat utama. Pemerintah Paoli mengklaim jurisdiksi yang sama dengan Republik Genova. Terkait dengan kekuasaan de facto, Genova mengendalikan kota-kota pesisir yang dapat dipertahankan dari benteng-benteng mereka, tetapi Republik Korsika mengendalikan wilayah di luar kota-kota tersebut dengan kota Corte sebagai ibukotanya.[1]

Setelah penaklukan Korsika oleh Prancis pada tahun 1768, Paoli memimpin gerakan perlawanan Korsika. Seusai kekalahan Korsika dalam Pertempuran Ponte Novu, ia terpaksa melarikan diri ke Britania dan ia menjadi tokoh yang terkenal. Ia kembali ke Korsika setelah meletusnya Revolusi Prancis yang awalnya ia dukung. Ia kemudian memisahkan diri dari gerakan revolusi dan mendirikan Kerajaan Inggris-Korsika yang berdiri dari tahun 1794 hingga 1796. Prancis lalu menduduki kembali Korsika dan Paoli lagi-lagi harus melarikan diri ke Britania Raya. Di situ ia tutup usia pada tahun 1807.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lear, Edward (1870). Journal of a Landscape Painter in Corsica. London: Robert John Bush. hlm. 260.  Downloadable Google Books.
  •  Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "Paoli, Pasquale". Encyclopædia Britannica. 20 (edisi ke-11). Cambridge University Press. 
  • James Boswell's Account of Corsica and Memoirs of P Paoli (1768)
  • N Tommaseo, "Lettere di Pasquale de Paoli" (in Archivio storico italiano, 1st series, vol. xi.), and Della Corsica, etc. (ibid., nuova serie, vol. xi., parte ii.);
  • Pompei, De L'état de la Corse (Paris, 1821); Giovanni Livi, Lettere inedite di Pasquale Paoli (in Arch. stor. ital., 5th series, vols. v. and vi.);
  • Bartoli, Historia di Pascal Paoli (Bastia, 1891); Lencisa, P. Paoli e la guerra d'indipendenza della Corsica (Milano, 1890).
  • John Ralston Saul, Voltaire's Bastards: The Dictatorship of Reason in the West.
  • Thrasher, Peter Adam. Pasquale Paoli. An Enlightened Hero, 1725–1807. London. Constable, 1970. ISBN 0-09-456990-8