Pasar Siteba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Pasar Siteba merupakan salah satu pasar yang berada di Kota Padang. Pasar Siteba menjadi pasar yang ramai dikunjungi oleh masyarakat Nanggalo.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pasar Siteba berdiri tahun 1960-an. Pasar Siteba pertama kali berada di samping Kuranji melewati Kecamatan Nanggalo atau lebih kurang 400 m sebelah selatan dari Pasar Siteba sekarang. Saat itu, masyarakat mengenalnya dengan nama Pasar Pagi Nanggalo.

Sekitar tahun 1970-an, para pedagang di Pasar Siteba mulai mengalami pertambahan. Sempitnya lokasi untuk transaksi jual beli membuat para pedagang dan pemuka masyarakat mencari lokasi baru sehingga diperoleh lokasi sekarang yang berada di Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang.[1]

Aktivitas[sunting | sunting sumber]

Barang dagangan yang dijual di Pasar Siteba berupa kebutuhan pokok masyarakat seperti, beras, ikan laut, sayur mayur, dan kayu bakar. Para pedagang di Pasar Siteba tidak memakai tempat khusus untuk menggelar dagangannya, melainkan menggunakan alas papan atau plastik dan sebagian lagi menumpang di emperan-emperan rumah penduduk yang berada di sekitar pasar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Putra, Irfan Ekagus (12 Agustus 2018). Perkembangan Pasar Siteba tahun 1980-2016 (Thesis). Jurusan Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas.