Pasar Atum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pasar Atum Mall)

Pasar Atom dan Pasar Atom Mall adalah sebuah pusat perbelanjaan, perdagangan dan pertokoan yang terletak di Jalan Bunguran 45 (Pasar Atom Tahap I-V) dan Jalan Stasiun Kota (Pasar Atom Mall), Surabaya, Jawa Timur. Pasar Atom dibangun pada tanggal 6 Februari 1978 hingga 6 Mei 1979 dan diresmikan pada tanggal 25 Juni 1979, dilanjutkan Tahap II yang dibangun pada tanggal 6 Februari 1979 hingga 6 Maret 1980,[1] disusul Tahap III pada tahun 1981, tahap IV pada tahun 1982 dan Tahap V pada tahun 1984, sedangkan Pasar Atom Mall dibuka pada tahun 2007. Pasar Atom merupakan pusat perbelanjaan pertama di Surabaya yang memiliki eskalator.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Pusat Perbelanjaan Pasar Atum berdiri sejak tahun 1979 dan merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Jawa Timur pada umumnya dan di Surabaya pada khususnya. Pasar Atum merupakan Pusat Perbelanjaan yang sudah terkenal sejak lama akan keramaian dan kepadatan pengunjung serta tingginya perputaran omzet para pedagangnya.

Gedung Pasar Atum ini letaknya menyatu dengan gedung Pasar Atum Mall dan dikembangkan dengan konsep modern yang lebih tertata dan zoning system. Pasar Atum dan Pasar Atum Mall berdiri di atas lahan seluas 6 hektar dengan jumlah stand yang ada di Pasar Atum saat ini ±2000 stand sedangkan Pasar Atum Mall ±600 stand.

Terletak di kawasan Surabaya Utara, Pasar Atum dikenal memiliki lokasi yang sangat strategis dapat diakses dari 4 arah jalan: Jl. Bunguran, Waspada, Siaga dan Stasiun Kota.

Pasar Atom merupakan pusat perbelanjaan dengan ciri khas yang menarik yakni para pengunjungnya tidak hanya datang untuk sekadar window shopping melainkan shopping buyer, dimana mereka datang untuk berbelanja. Tingkat kunjungan rata-rata ± 50.000 orang perhari dan mencapai 2-3 kali lipat ketika weekend.

Pasar Atum merupakan pasar legendaris di Surabaya yang menjadi pusat sentral kunjungan wisata maupun kunjungan pedagang dari daerah Indonesia Timur sehingga target pasar pengunjung Pasar Atum tidak hanya mencakup wilayah Surabaya saja tetapi mencakup Indonesia Timur.

Salah satu hal yang menarik ketika berbelanja di Pasar Atom adalah seni tawar menawar antara penjual dan pembeli pada saat transaksi karena mayoritas stand yang ada langsung dijaga oleh pemiliknya sendiri. Ini merupakan nilai tambah yang dimiliki Pasar Atom dibanding dengan pusat perbelanjaan lain yang ada di Surabaya.

Pasar Atom dikenal sebagai sentra emas di Surabaya. Ada sekitar 150 toko emas yang tersebar di Pasar Atom dan Pasar Atom Mall. Pasar Atom juga menjadi pusat perbankan. Ada 28 bank yang memiliki cabang di Pasar Atom dan Pasar Atom Mall untuk melayani kebutuhan transaksi keuangan pedagang maupun pengunjung. Selain itu, Pasar Atom juga merupakan pusat fashion terkini dengan 500 butik bagi para fashionista tidak hanya di Surabaya, tetapi juga di luar kota bahkan di luar pulau. Dan tidak ketinggalan, Pasar Atom juga terkenal sebagai pusat kuliner dan jajanan khas Surabaya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]