PasarPolis.com

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Industri E-commerce
Kantor
pusat
,
Indonesia
Tokoh
kunci
Cleosent Randing
Situs web www.pasarpolis.com

PasarPolis.com merupakan situs portal online pertama yang menyediakan berbagai macam produk asuransi di Indonesia. Produk asuransi yang tersedia di PasarPolis adalah asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi perjalanan, hingga asuransi lifestyle.

PasarPolis.com memiliki tim yang ahli dalam bidang asuransi dengan tujuan membantu memberi kemudahan dalam segala urusan seperti mendaftar, membandingkan, dan klaim untuk pelanggan.

PasarPolis.com juga didukung oleh tiga perusahaan unicorn terbesar di Indonesia, yaitu Go-Jek, Tokopedia, dan Traveloka. Selain mendukung, ketiga perusaaan tersebut juga bekerja sama secara strategis untuk memberikan harga asuransi yang lebih murah.

Saat ini PasarPolis.com telah memiliki sekitar 700.000 pemegang polis yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

PasarPolis.com resmi diluncurkan pada 3 Maret 2015 oleh Cleosent Randing, sebagai platform aggregator untuk asuransi. PasarPolis.com didirikan dengan melihat Indonesia yang memiliki potensi sangat besar di pasar asuransi. PasarPolis ingin memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan informasi asuransi yang tepat untuk mereka, serta mempermudah dan mempercepat proses pendaftaran asuransi. Itulah alasan mengapa pasar polis menggunakan e-commerce sebagai medianya.

Selama periode 2016 – 2017, PasarPolis tumbuh menjadi salah satu perusahaan teknologi asuransi atau InsurTech pertama di Indonesia yang berfokus kepada asuransi mikro.

Dengan visi “Asuransi Untuk Semua”, PasarPolis melayani semua pelanggan mulai dari pelanggan yang tinggal di daerah perkotaan, daerah yang sulit dijangkau, generasi millenial yang paham teknologi, hingga pengemudi ojek.

Dibangun atas lebih dari 40 penyedia jaringan asuransi tepercaya, Pasarpolis telah berhasil menciptakan lebih dari 100 produk asuransi yang dirancang khusus dengan potensi untuk mencakup pelanggan di Indonesia secara massal, terlepas dari kelas sosial dan ekonomi.

Premi yang terjangkau, cakupan yang disesuaikan, dan proses penanganan klaim secara digital yang efisien telah memberikan pengalaman online kepada pelanggan yang menggantikan pengalaman offline dari proses penjualan berdasarkan kebutuhan.

Investasi dan Kerja Sama[sunting | sunting sumber]

Pada 10 Agustus 2018, PasarPolis mengumumkan kerja sama strategis dengan 3 perusahaan unicorn Indonesia yaitu Go-Jek, Traveloka, dan Tokopedia. Dalam acara yang dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, PasarPolis menargetkan jumlah pemegang polis bertambah dari kerja sama ini.

CEO dari PasarPolis, Cleosent Randing menyatakan PasarPolis menjadi perusahaan pertama yang mendapat investasi dan menjalin kerja sama strategis dengan 3 unicorn tersebut agar harga asuransi bisa lebih murah. Pengunaan big data, harga asuransi yang lebih murah, dan pengalaman berupa instan klaim yang jauh lebih baik diberikan untuk kerja sama tersebut.

Melalui kerja sama, PasarPolis memperoleh skala pasar yang lebih besar sehingga tidak perlu mengambil margin yang besar untuk produk asuransi sehingga bisa menawarkan produk asuransi dengan premi yang lebih terjangkau bagi masyarakat.

Melindungi Masyarakat Non-Bankable[sunting | sunting sumber]

Pada awal 2016, Pasarpolis melakukan studi pasar untuk memahami asuransi kebutuhan pengemudi kendaraan roda dua yang bekerja sama dengan Go-Jek Indonesia, salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia yang mengkhususkan diri dalam transportasi, logistik dan pembayaran digital.

Hasil studi menunjukkan kebutuhan yang jelas akan produk asuransi terjangkau untuk pengemudi Go-Jek sebesar 78% dari pengambil survei mengungkapkan, bahwa asuransi memainkan peran penting dalam pengambilan keputusan untuk memilih menjadi pengemudi Go-Jek. Relevansi asuransi dan keterjangkauannya juga dibuktikan melalui interaksi pribadi dengan beberapa pengemudi Go-Jek. Terlepas dari manfaat produk, tantangannya adalah juga untuk membuat proses pembelian dan penanganan klaim semudah mungkin untuk para pengemudi.

Pada tahun 2017, Go-Proteksi yang merupakan program kemitraan percontohan antara Go-Jek dan PasarPolis diluncurkan dengan tujuan untuk melindungi pengemudi, peralatan kerja mereka, termasuk ponsel. Berfokus pada pelayanan pelangan, forum edukasi untuk pengemudi dan optimalisasi digital dilakukan. Dalam forum tersebut pengemudi diberi informasi mengenai proses klaim yang singkat dari 2 minggu hingga 1 hari dalam 6 bulan operasi, sehingga menjadi faktor keberhasilan dari program Go-Proteksi. PasarPolis hingga saat ini telah mengasuransikan lebih dari 300.000 pengemudi Go-Jek di Indonesia dan sangat bangga dapat berkontribusi terhadap misi Go-Jek yang lebih besar dalam memberdayakan para pengemudi melalui berbagai inisiatif sosial.

Klaim Instan[sunting | sunting sumber]

Pasarpolis bekerja sama dengan Citilink Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari Garuda Indonesia dan salah satu maskapai yang paling cepat berkembang di Indonesia, untuk meluncurkan "Supershield" yang selain manfaat yang menarik dan harga terjangkau, juga menawarkan fitur Klaim Instan kepada pelanggan.

Penelitian Pasarpolis dalam bidang asuransi perjalanan mengungkapkan beberapa wawasan menarik, bahwa perusahaan terikat pada penawaran produknya untuk ekosistem perjalanan. Rencana asuransi perjalanan tradisional menyediakan serangkaian manfaat mulai dari penundaan, pembatalan hingga kehilangan atau kerusakan bagasi. Namun, tidak banyak perhatian yang diberikan pada proses klaim asuransi yang tetap sama, meskipun terjadi evolusi industri perjalanan.

Bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam upaya administratif untuk mengajukan klaim asuransi perjalanan, Pasarpolis memperkenalkan produk asuransi perjalanannya dengan fitur "Klaim Instan" yang benar-benar menghilangkan kebutuhan untuk "mengajukan" klaim.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]