Partai Warga Negara Bersatu (Belarus)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Partai Warga Negara Bersatu dari Belarus

Аб'ядна́ная грамадзя́нская па́ртыя Белару́сі
Nama dalam bahasa RusiaОбъединенная гражданская партия
Ketua umumAnatoly Lebedko
Dibentuk01 Oktober 1995 (1995-10-01)
Digabungkan dariPartai Demokratis Bersatu,
Partai Sipil
Kantor pusatMinsk
IdeologiLiberalisme[1][2]
Konservatisme liberal[3][4][5]
Posisi politikKanan-tengah
Afiliasi nasionalKekuatan Demokratis Bersatu dari Belarus
Afiliasi di EropaPartai Rakyat Eropa (pengamat)
Afiliasi internasionalUni Demokrat Internasional (anggota asosiasi)
WarnaMerah dan putih
Dewan Perwakilan Rakyat
1 / 110
Dewan Republik
0 / 64
Kursi lokal
0 / 18.809
Situs web
www.ucpb.org Sunting ini di Wikidata

Partai Warga Negara Bersatu dari Belarus (bahasa Rusia: Объединенная гражданская партия, bahasa Belarus: Аб'ядна́ная грамадзя́нская па́ртыя Белару́сі, bahasa Inggris: United Civic Party of Belarus (UCP)) adalah suatu partai politik liberal-konservatif[6] di Belarus. Partai ini adalah oposisi pemerintahan Alexander Lukashenko, umumnya ikut serta dalam pemilihan-pemilihan umum di negara itu, tapi tidak memiliki satu pun anggota dalam parlemen hingga pemilihan umum tahun 2016 yang menghasilkan satu orang anggota parlemen. Partai ini mengklaim bahwa kurangnya kursi parlemen yang diperoleh karena kecurangan dalam proses pemilihan umum, suatu klaim kepada pengawas pemilihan umum internasional yang memiliki kepercayaan terbatas.

Anggota partai yang terkenal adalah mantan Perdana Menteri Mikhail Chigir, politisi yang hilang secara misterius Yury Zacharanka dan Viktar Hanchar, serta Hienadz Karpienka, yang meninggal dalam keadaan yang masih belum jelas.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Partai ini didirikan pada tahun 1995 sebagai hasil penggabungan antara dua partai yang beraliran sama, yaitu Partai Demokratis Bersatu (yang dibentuk tahun 1990) dan Partai Sipil (yang dibentuk tahun 1994).[7] Ketua partai adalah Anatoly Lebedko dan wakil ketua terdiri atas Alexander Dabravolski dan Jaroslav Romanchuk. Lebedko sangat terlihat mewakili partai ini dalam forum-forum domestik dan internasional dan terlibat dalam sejumlah altercations dengan otoritas Belarus.

Pada pemilihan umum legislatif 13–17 Oktober 2004,partai ini menjadi bagian dari Koalisi Rakyat 5 Plus, yang tidak memperoleh satu kursi pun. Menurut Misi Pengawasan Pemilihan Umum OSCE/ODIHR, pemilihan umum itu secara signifikan di bawah komitmen OSCE. Prinsip-prinsip universal dan hak-hak yang dijamin secara konstitusional untuk mengeluarkan pendapat, berkumpul, dan berorganisasi secara serius dilanggar, sehingga memunculkan pertanyaan mengenai kemauan otoritas Belarus untuk menghormati konsep kompetisi politik berdasarkan perlakuan yang sama. Menurut misi tersebut, prinsip-prinsip tentang proses demokratis inklusif, yaitu warga negara berhak mencari organisasi politik tanpa diskriminasi, mencari kandidat-kandidat yang menunjukkan pandangan mereka tanpa halangan, dan mencari pemilih untuk mempelajari mengenai dan berdiskusi dengan mereka secara bebas, sebagian besar telah diabaikan.[8]

Partai ini adalah anggota pengamat dari Partai Rakyat Eropa (European People’s Party/EPP).[9]

Struktur[sunting | sunting sumber]

Partai Warga Negara Bersatu (UCP) memiliki satu organisasi perempuan dan satu organisasi pemuda dalam strukturnya.

Pada tahun 1995-2000 organisasi pemuda partai ini adalah "Forum Sipil", yang meninggalkan partai saat pemilihan umum parlementer tahun 2000 ketika partai ini memboikotnya. Saat itu, Culadzimer Novosiad, ketua Forum Sipil memperoleh tempat di parlemen.

Tahun 2000, organisasi pemuda partai ini menyebut dirinya "Pemuda UCP ", tapi organisasi ini lebih merupakan struktur buatan dalam partai.

Tahun 2000-2009 Demokrat Muda YCSU adalah sayap pemuda resmi dalam partai ini, tapi pada bulan Februari 2009 dalam kongresnya, Demokrat Muda YCSU mengambil keputusan untuk menghentikan kerja sama dengan partai. Beberapa anggota Demokrat Muda YCSU tidak mendukung keputusan itu. Mereka meninggalkan Demokrat Muda YCSU dan bertahan sebagai Pemuda UCP.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wilson, Andrew (2011), Belarus: The Last European Dictatorship, Yale University Press, hlm. 176 
  2. ^ Korosteleva, Elena A. (2005), "Party System Development in Belarus 1988–2001: Myths and Realities", Political Parties in Post-Soviet Space, Praeger, hlm. 63 
  3. ^ Korosteleva, Elena (2005), "The Emergence of a Party System", Postcommunist Belarus, Rowman & Littlefield, hlm. 37 
  4. ^ "Belarus", Easter Europe, Russia and Central Asia 2004 (edisi ke-4th), Europa Publications, hlm. 165, 2003 
  5. ^ Bugajski, Janusz (2002), Political Parties of Eastern Europe: A Guide to Politics in a Post-Communist Era, The Center for Strategic and International Studies, hlm. 22 
  6. ^ Janusz Bugajski (2002). Political Parties of Eastern Europe: A Guide to Politics in the Post-Communist Era. M.E. Sharpe. hlm. 22–. ISBN 978-1-56324-676-0. 
  7. ^ "European Forum for Democracy and Solidarity" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 02-10-2014. 
  8. ^ "OSCE/ODIHR Election Observation Mission" (PDF) (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli (pdf) tanggal 08-01-2006. 
  9. ^ "European People's Party" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 30-07-2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]