Partai Komunis Yordanian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Partai Komunis Yordanian

الحزب الشیوعی الاردنی
Ketua umumMunir Hamarneh
Dibentuk1948
Kantor pusatAmman, Yordania
IdeologiKomunisme,
Marxisme–Leninisme
Posisi politikfar-left
Situs web
www.jocp.org

Partai Komunis Yordania (JCP; bahasa Arab: الحزب الشیوعی الاردنی‎, Hizb al-Shuyu'iyah al-Urduni), Hizb al-Shuyu'iyah al-Urduni) adalah partai politik komunis di ]Yordania]], didirikan pada 1948. Sekretaris Jendral saat ini adalah Dr. Munir Hamarana. Yang dikenal al-Jamahir (الجماهير, 'Merakyat').

Sejarah partai[sunting | sunting sumber]

Pada Juni 1951, Partai Komuns Palestina di Tepi Barat, yang kemudian mengorganisir Liga Pembebasan Nasionalis Palestina bergabung dengan PKY. Selama tahun-tahun berikutnya, kubu utama dari partai di Tepi Barat tersebut bersama dengan kepemimpinan partai didominasi di Palestina. Sebelum digabung ke PKY, komunis Palestina menentang aneksasi Tepi Barat oleh Yordania. Namun, pada tahun 1951, kebijakan yang terbalik dan PKY diakui Tepi Barat sebagai bagian dari Yordania.

Para pemimpin utama selama periode awal adalah Fu'ad Nassar, Fahmi al-Salfiti dan Fa'iq Warrad. Partai memperoleh pengaruh di antara kaum intelektual perkotaan di Nablus dan Yerusalem. Secara khusus, partai mengembangkan posisi yang kuat di Salfit desa di luar Nablus, dimana banyak pemimpin PKY terkemuka yang dipuji. Daerah lain dimana partai ini aktif adalah di Ramallah, Bethlehem dan di antara pengungsian dekat Yerikho. Bagian utama dari partai ini adalah al-Muqawamah ash-Shabiya (المقاومة الشعبية, 'Rakyat Resistance'), sebuah buletin bulanan.

Partai menghadapi represi keras dari negara Yordania. Pada tanggal 29 Desember 1951, Fu'ad Nasser ditangkap. Dia dijatuhi hukuman sepuluh tahun penjara. Pada tahun 1953, undang-undang yang telah disahkan yang memerintahkan kerja paksa untuk kader PKY. Namun, partai terus aktif bekerja dengan cara klandestin.

Partai membangun organisasi massa, seperti Asosiasi Pemuda Demokrat dan Partisan Perdamaian. Pada bulan Mei 1954, membentuk Front Nasional, dimana partai mengambil bagian dalam pemilu tahun itu. Dalam pemilu, Front Nasional memenangkan satu kursi parlemen, Abd al-Qadir Salih dari Nablus.

Partai ini mencapai puncak pengaruhnya di 1956-1957, setelah krisis Suez dan selama mobilisasi terhadap Perjanjian Anglo-Yordania.

Pada bulan Mei 2006, partai menyelenggarakan "Persatuan Konferensi Komunis Yordania", penggabungan sektor yang telah meninggalkan partai.[1] Namun, pecahan kelompok utama, Partai Komunis Rakyat Pekerja Yordania, tidak hadir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]