Paroki Santo Yosef Pekerja, Juata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Paroki Santo Yosef Pekerja, Juata
LokasiJl. Aki Pingka No.2 RT.2,
Juata Permai[1] Tarakan Utara, Tarakan,
Kalimantan Utara
Sejarah
Didirikan10 Juli 2011
DedikasiSanto Yosef Pekerja
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Tanjung Selor
Imam yang bertugasRev.do. Saverinus Mandut, [Imam diosesan Tanjung Selor][2]
Parokial
Stasi3
Jumlah lingkungan5 (di pusat paroki)

Paroki Santo Yosef Pekerja Juata adalah paroki Gereja Katolik Roma di Keuskupan Tanjung Selor; berpusat di Kelurahan Juata Permai - Kecamatan Tarakan Utara, di Kota Tarakan - Pulau Tarakan - Kalimantan Utara. Paroki Juata, atau Paroki Juata Permai, merupakan pemekaran dari Paroki Santa Maria Imakulata, Tarakan; diresmikan menjadi paroki pada 10 Juli 2011 oleh Uskup Tanjung Selor Mgr. Yustinus Harjosusanto MSF, dan penggembalaannya diserahkan ke para imam dari Kongregasi Misionaris Keluarga Kudus (MSF) --awalnya dirintis oleh para pastor Oblat Maria Imakulata (OMI). Wilayah Paroki Juata mencakup beberapa kecamatan di Kota Tarakan, Kabupaten Bulungan, dan Kabupaten Tana Tidung. Para suster dari tarekat Kongregasi Pengikut Yesus (CIY) juga membantu pelayanan di paroki ini dalam bidang pendidikan.[3]

Pusat Paroki[sunting | sunting sumber]

Umat di wilayah pusat paroki, Kelurahan Juata Permai, pada awalnya adalah para karyawan perusahaan kayu Intraca. Bangunan gereja yang digunakan saat ini diresmikan pada 08 September 2002 oleh Wali kota Tarakan. Per bulan Juli 2011 terdapat 5 lingkungan yakni:[3]

  • Lingkungan St. Katarina, terdiri dari 3 basis (KBG): St Fransiskus, St Bernadeta, St Klara
  • Lingkungan St. Vinsensius, terdiri dari 4 basis: St Antonius, St. Mikael, St Getrudis, St Stefanus
  • Lingkungan St. Yohanes, terdiri dari 2 basis: St Anna dan St Eugenius
  • Lingkungan St. Benediktus, terdiri dari 3 basis: St Teresia, St Petrus, St Matius
  • Lingkungan St. Andreas Persemaian, terdiri dari 2 basis: St. Rafael dan St Antonius

Stasi[sunting | sunting sumber]

Paroki Juata mempunyai 3 stasi:[3]

Stasi St. Ambrosius Juata Laut[sunting | sunting sumber]

Pusat stasi terletak di Jl.Pangeran Aji Iskandar, Rt 04, di Juata Laut - Tarakan Utara. Bangunan gereja yang pertama diresmikan pada 6 Juni 1985; sejak 25 April 2011 mulai dibangun gereja yang baru karena bangunan sebelumnya sudah tidak dapat menampung umat yang semakin banyak. Stasi Juata Laut terdiri atas 2 basis yaitu St Andreas dan St Monika. Kelompok kategorial yang berkembang di stasi ini adalah Legio Maria, Wanita Katolik (WK), Orang Muda Katolik (OMK), Serikat Kepausan Anak-Anak Misioner (SEKAMI), dan Bapak-bapak Katolik.

Stasi St. Renya Rosari Bunyu[sunting | sunting sumber]

Pusat stasi terletak di Kecamatan Bunyu di Kabupaten Bulungan. Stasi Bunyu berawal dari para karyawan Katolik di perusahaan BPM (Bataafsche Petroleum Maatschappij). Pembangunan gereja yang pertama dilakukan pada tahun 1949; karena tidak dapat digunakan lagi kemudian dilakukan pembangunan kembali sekitar tahun 1977. Pada tahun 1996 kembali dilakukan pemugaran gereja (gedung) yang kemudian diresmikan pada tanggal 5 Oktober 1996 oleh Bupati Bulungan R.A. Bessing dan diberkati oleh Uskup Samarinda Mgr. Florentinus Sului Hajang Hau MSF—saat itu Keuskupan Tanjung Selor belum terbentuk. Stasi Bunyu memiliki 4 basis yaitu St Matius, St Markus, St Lukas, St Yohanes.

Stasi St. Eugenius Tana Lia[sunting | sunting sumber]

Pusat stasi terletak di Kecamatan Tana Lia di Kabupaten Tana Tidung; mayoritas umat adalah transmigran dari Maumere - Flores. Stasi Tana Lia terbentuk pada tahun 2006 bersamaan dengan didirikannya bangunan gereja yang menggunakan pelindung St. Eugenius.

Referensi[sunting | sunting sumber]