Paroki Santa Theresia, Rungan Manuhing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Paroki Santa Theresia, Rungan Manuhing
LokasiRungan Manuhing Kabupaten Gunung Mas,
Kalimantan Tengah
Sejarah
Didirikan9 Desember 1996[1]
DedikasiSanta Theresia
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Palangka Raya
Imam yang bertugasPastor Bonaventura, MSF[2]

Paroki Santa Theresia Rungan Manuhing merupakan suatu paroki dari Gereja Katolik Roma di Keuskupan Palangka Raya; wilayahnya mencakup jalur Sungai Rungan dan Sungai Manuhing di Kabupaten Gunung Mas - Kalimantan Tengah. Paroki Rungan Manuhing merupakan pemekaran dari Paroki Santo Arnoldus Janssen, Kuala Kurun, dan resmi berdiri sendiri pada 9 Desember 1996 sebagai paroki pra-administratif dengan adanya Surat Keputusan Keuskupan Palangka Raya; Pastor Frieds Meko SVD diangkat sebagai pastor paroki pertama.[2][3] Pusat paroki berjarak 160 km dari Kota Palangka Raya, terdiri dari 130 km jalan aspal dan 30 km jalan tanah (menurut pengamatan pada Desember 2012); lama waktu perjalanan dari Palangka Raya sekitar 4 jam.[2]

Umar Paroki Rungan Manuhing, selain dari Suku Dayak, merupakan pendatang berupa transmigran dari Flores dan Jawa. Perayaan Natal lintas agama dan budaya sudah menjadi tradisi di paroki ini; umat Katolik, Kristen Protestan (dari GKI), Kaharingan, dan Islam melebur jadi satu mengikuti perayaan Ekaristi di dalam bangunan gereja (gedung). Selesai perayaan di gereja, mereka akan menggelar pesta bersama dan perjamuan makan di pelataran gereja.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Refleksi Karya Misi SVD di Bumi Tambun Bungai Kalimantan Tengah - Soverdi Surabaya". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-01-29. Diakses tanggal 2015-01-29. 
  2. ^ a b c d "Natal di Rungan Manuhing dan Petuk Liti - hidupkatolik.com". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-01-29. Diakses tanggal 2015-01-29. 
  3. ^ "Distrik Kalimantan Tengah - Soverdi Surabaya". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-01-07. Diakses tanggal 2015-01-29.