Parke-Davis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Parke-Davis adalah sebuah anak perusahaan dari perusahaan farmasi Pfizer. Meskipun Parke, Davis & Co bukan lagi sebuah perusahaan sepihak, itu pernah menjadi produser obat-obatan terlama dan terbesar di Amerika, dan memainkan peran penting dalam sejarah medis. Warner-Lambert mengakuisisi Parke-Davis pada tahun 1970, yang pada akhirnya diakuisisi oleh Pfizer pada tahun 2000

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Parke, Davis & Company didirikan di Detroit, Michigan oleh Dr.Samuel P. Duffield, seorang dokter dan apoteker. Pada tahun 1860, Dr. Duffield memiliki toko obat kecil di sudut Gratiot dan Woodward Avenue. Duffield membuat berbagai persiapan farmasi, termasuk anodyne Hoffman dan salep lincah, tetapi kewalahan oleh operasi bisnis.[1]

Duffield dan Hervey Coke Parke membentuk kemitraan pada Oktober 1866, dengan George S. Davis menjadi mitra ketiga pada 1867. Parke adalah seorang pengusaha yang mencari peluang bisnis dan Davis, seorang pria ambisius dengan keterampilan dalam penjualan. Duffield mengundurkan diri pada tahun 1869 karena kesehatannya yang buruk dan minat untuk melakukan pengobatan. Kemitraan ini mengadopsi nama Parke, Davis & Company secara resmi pada tahun 1871 dan didirikan pada tahun 1875.

Pada tahun 1871 perusahaan mengirim ekspedisi ke Amerika Tengah dan Selatan dan Hindia Barat untuk mencari tanaman obat. Perusahaan memproduksi obat pencahar herbal yang ditemukan Cascara dari penduduk asli Amerika di Pasifik Barat Laut.

Itu dulunya perusahaan farmasi terbesar di dunia dan dikreditkan dengan membangun laboratorium farmasi modern pertama dan mengembangkan metode sistematis pertama melakukan uji klinis obat baru. Laboratorium Penelitian Parke-Davis adalah Landmark Bersejarah Nasional (Parke-Davis dan Plant Pharmaceutical Company Plant) di sekitarnya ada dalam Daftar Tempat Bersejarah Nasional.

Fasilitas produksi di Parkdale Road yang dulu bernama Avon Township, Michigan (sekarang di Rochester, Michigan) juga menjadi landmark di sekitarnya dan sekarang digunakan oleh PAR Pharmaceuticals.

Pada 1950-an, Parke-Davis mempekerjakan Jonas Salk sebagai konsultan untuk bahan pembantu vaksin. Parke-Davis juga terlibat dalam pembuatan vaksin polio. Butuh banyak upaya Salk untuk meyakinkan Parke-Davis untuk mengikuti protokol produksinya dengan tepat. Selama sekitar enam bulan Parke-Davis memiliki kontrak eksklusif untuk memproduksi vaksin untuk uji coba lapangan tetapi pada bulan Februari 1954 Yayasan Nasional untuk pencegahan Polio mengingkari kontrak dan membuka produksi vaksin untuk perusahaan lain juga.[2]

Parke-Davis menugaskan ilustrator Detroit Robert Thom untuk menghasilkan 40 ilustrasi untuk seri, "A History of Pharmacy in Pictures." Setiap cetak datang dengan artikel sejarah yang menjelaskan adegan yang digambarkan dan tempatnya dalam sejarah. Diluncurkan pada tahun 1957, seri ini dikembangkan bekerja sama dengan Institut Sejarah Farmasi di University of Wisconsin. Apoteker didorong untuk memajang karya seni di toko mereka. Thom juga melakukan seri yang sebanding tentang sejarah kedokteran.

Dalam kasus 'Franklin v. Parke-Davis (2002)', perusahaan tersebut dituduh melakukan praktik pemasaran ilegal, termasuk promosi penggunaan obat anti-kejang tanpa label Neurontin. Obat ini hanya disetujui untuk digunakan pada pasien dengan epilepsi , tetapi pada tahun 2001 lebih dari 80% dari $1,8 miliar penjualannya adalah untuk indikasi yang tidak disetujui oleh Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat. Pada tahun 2004, Pfizer "mengakui bahwa Parke-Davis secara agresif memasarkan Neurontin dengan cara tidak sah untuk kondisi yang tidak terkait termasuk gangguan bipolar, nyeri, sakit kepala migrain, dan penarikan obat-obatan dan alkohol ", dan menyetujui $430 juta hukuman meskipun mengklaim pelanggaran tersebut berasal pada tahun 1996, jauh sebelum akuisisi Pfizer untuk Warner-Lambert.

Seperti yang diumumkan pada 23 Januari 2007, Pfizer menutup fasilitas penelitiannya di Ann Arbor, Michigan.[3]

  1. ^ https://www.pfizer.com/about/history/pfizer_warner_lambert
  2. ^ https://www.npr.org/templates/story/story.php?storyId=1145205
  3. ^ http://cocaine.org/parkedavis-works.htm