Paris (lagu Sabrina Carpenter)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Paris"
Sampul album untuk versi akustik
Singel promosi oleh Sabrina Carpenter
dari album Singular: Act I
Dirilis24 Oktober 2018 (2018-10-24)
DirekamMei 2017
StudioChumba Meadows (Tarzana, California)
GenreR&B
Durasi3:38
LabelHollywood
Pencipta
Produser
  • Evigan (juga vok.)
  • McLaughlin (vok.)
  • Gian Stone (vok.)
Kronologi singel promosi Sabrina Carpenter
"Tomorrow Starts Today"
(2017)
"Paris"
(2018)
"Bad Time"
(2018)
Video musik
"Paris" di YouTube

"Paris" adalah lagu yang direkam oleh penyanyi Amerika Serikat Sabrina Carpenter dari album studio ketiganya Singular: Act I (2018), menjadi trek kedua dari album tersebut. Lagu ini ditulis oleh Carpenter, Brett McLaughlin dan Jason Evigan dengan Evigan sebagai produser dan McLaughlin dan Gian Stone sebagai produser vokal. Lagu tersebut dirilis oleh Hollywood Records sebagai singel promosi pertama dari Singular: Act I pada 24 Oktober 2018 bersamaan dengan pre-order album tersebut. Lagu tersebut berbicara tentang Paris, kota cinta dan memikirkan kekasih yang berada di Los Angeles ketika berada di sana.

Latar belakang dan perekaman[sunting | sunting sumber]

"Paris" ditulis pada Mei 2017 oleh Carpenter, Brett McLaughlin dan Jason Evigan, setelah perjalanan pertama Carpenter ke Paris di ulang tahunnya yang ke-18.[1] Dalam sesi rekaman di Chumba Meadows Studio di Tarzana, California, Leland bertanya kepada Carpenter tentang perjalanannya ke Paris dan Evigan mulai memainkan akord Eropa Timur dan saat itulah mereka mulai menulis lagu.[1]

Komposisi dan interpretasi lirik[sunting | sunting sumber]

Secara musikal, "Paris" adalah lagu R&B berdurasi tiga menit tiga puluh lima detik. Secara lirik, lagu tersebut membicarakan tentang Carpenter yang berada di Paris, kota cinta dan ia teringat dengan kekasihnya yang berada di Los Angeles ketika berada di sana. Carpenter menyatakan bahwa lirik "Why'd it take so long for me to know this / Scared to put the water with the roses [Mengapa begitu lama bagiku untuk mengetahui ini / Takut untuk mengisi air dengan mawar]" adalah lirik favoritnya, ia menjelaskan lirik tersebut dengan mengatakan "Kamu sengaja tidak membiarkan dirimu melihat sesuatu, [...] untuk tumbuh dalam suatu masa, tetapi itu tepat di hadapan Anda".[1]

Penerimaan kritis[sunting | sunting sumber]

The Line of Best Fit menulis "singel promosi pertama album yang luar biasa "Paris" membawa lonceng dan synth saat dia bernyanyi tentang kembali ke inspirasi lama setelah menjelajahi kota baru".[2] Mike Neid untuk Idolator berkata ""Paris." Sebuah ode untuk kota cinta" [...] "Namun, alih-alih bercinta dengan seorang Parisian yang seksi, bintang yang sedang naik daun itu dibombardir dengan kenangan akan kekasihnya di Los Angeles."[3]

Video musik[sunting | sunting sumber]

Video musik untuk lagu tersebut dirilis melalui Vevo dan YouTube pada 21 Desember 2018.[4] Carpenter memberi foto-foto dari video musik yang akan datang hingga tanggal rilisnya.[5] Video musik tersebut disutradarai oleh Jasper Cable-Alexander dan menampilkan Carpenter di sebuah kamar hotel dan di sejumlah jalanan Paris.

Penampilan langsung[sunting | sunting sumber]

Carpenter memulai debut lagunya di acara perilisan album Singular: Act I di London.[6] Lagu tersebut adalah lagu kedua belas yang dibawakannya di Singular Tour. Selain itu, ia membawakan lagu tersebut di Serial Konser Musim Panas Good Morning America.[7]

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Digital download
No.JudulDurasi
1."Paris"3:38
Digital download - Akustik[8]
No.JudulDurasi
1."Paris" (acoustic)3:38

Kredit dan personel[sunting | sunting sumber]

Perekaman dan manajemen

  • Perekaman di Chumba Meadows (Tarzana, California)
  • Pencampuran audio di Hercules St. Studios (Sydney, Australia)
  • Mastering di Sterling Sound (New York City)
  • BMG Platinum Songs/Bad Robot Music (BMI) (semua hak dikelola oleh BMG Rights Management (US) LLC), EMI April Music Inc/Bob Ochoa's Homemade Salsa (ASCAP), Seven Summits Music (BMI) obo Itself dan Pink Mic Music (BMI)

Personel

Kredit dikutip dari catatan lini album Singular: Act I.[9]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Wilayah Tanggal Format Versi Label Ref.
Baragam 24 Oktober 2018 Unduh digital Asli Hollywood [10]
23 Agustus 2019 Streaming Akustik [8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Sabrina Carpenter Extended" (dalam bahasa Inggris). Idolator. Diakses tanggal 27 April 2018. 
  2. ^ "Sabrina Carpenter comes into her own on Singular: Act I". The Line of Best Fit (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 21 Desember 2018. 
  3. ^ "Stream Sabrina Carpenter's Bop-Filled 'Singular Act 1". idolator (dalam bahasa Inggris). 9 November 2018. Diakses tanggal 21 Desember 2018. 
  4. ^ SabrinaCarpenterVEVO, Sabrina Carpenter - Paris, diakses tanggal 21 Desember 2018 – via YouTube 
  5. ^ @sabrinacarpenter. "Sabrina Carpenter on Instagram: "come to paris with me"" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 21 Desember 2018 – via Instagram. 
  6. ^ Sabrina Carpenter (16 November 2018), Sabrina Carpenter – Singular Act:1 – London Launch Event, diakses tanggal 8 Juli 2019 – via YouTube 
  7. ^ "Video: Sabrina Carpenter gives a special live performance of 'Paris'". ABC News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 8 Juli 2019. 
  8. ^ a b Paris (Acoustic) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 24 Agustus 2019 
  9. ^ Singular: Act I. Hollywood Records. 
  10. ^ "Sabrina Carpenter Releases New Single 'Paris'". CelebMix (dalam bahasa Inggris). 29 Oktober 2018. Diakses tanggal 21 Desember 2018.