Parental Advisory

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Parental Advisory atau "Bimbingan Orang Tua" dalam bahasa Indonesia, adalah pesan yang ditempelkan Recording Industry Association of America (RIAA) kepada rekaman audio dan video di AS yang mengandung material ofensif. Pesan ini mulai ditempelkan di sampul album pada 1985, di bawah tekanan Parents Music Resource Center. Beberapa toko menolak untuk menjual album-album dengan label ini, dan beberapa lainnya membatasi penjualan untuk orang dewasa. Label ini sering ditemukan dalam album heavy metal, punk, dan rap.

Tidak ada kriteria tertentu untuk penggunaan label ini. Perusahaan rekaman menentukan apakah sebuah album akan ditempeli stiker Parental Advisory atau tidak. Banyak album yang hanya mengandung sedikit profanity diberi stiker ini, misalnya The Sweet Escape dari Gwen Stefani, Avenged Sevenfold, Silent Alarm dari Bloc Party, dan Damita Jo dari Janet Jackson. Beberapa album lainnya yang mengandung banyak profanity tidak ditempeli stiker, misalnya album-album band NOFX yang diterbitkan oleh independent label Fat Wreck Chords.

Album yang diterbitkan oleh Sony BMG memberi penjelasan mengapa mereka ditempeli stiker, misalnya dalam album Hypnotize dari System of a Down, dicantumkan alasan "STRONG LANGUAGE, SEXUAL + VIOLENT CONTENT". Banyak album yang memiliki label ini juga diterbitkan dalam versi bersih, yaitu dengan semua kata-kata kotor dihapus. Versi ini biasanya dijual di iTunes atau Napster.


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.