Kode penggolongan siaran di Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Parental Advisory)
Lompat ke: navigasi, cari

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dalam Pasal 14 Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) memberlakukan suatu penggolongan program siaran menurut usia pemirsa.[1] Sebenarnya sudah sejak lama lembaga penyiaran wajib memberikan kode penggolongan program siaran menurut batasan usia. Anak-anak yang berusia di bawah 18 tahun tidak diperbolehkan menonton tayangan dewasa, karena dapat mempengaruhi perkembangan anak. Di bawah ini kode penggolongan program siaran yang saat ini berlaku menurut KPI.[2]

Simbol Singkatan Keterangan
SU Semua umur Tayangan ini dapat disaksikan oleh semua umur, namun hanya boleh disaksikan oleh anak-anak berusia di atas 2 tahun.
BO Bimbingan orang tua Tayangan ini mengharuskan adanya bimbingan orang tua, karena konten-konten yang terdapat dalam tayangan ini ada yang kurang sesuai untuk anak berusia di bawah 18 tahun.
A Anak-anak Tayangan ini dapat disaksikan oleh anak berusia 6-12 tahun (dikombinasi sebagai A-BO apabila mengharuskan adanya bimbingan orang tua).
R Remaja Tayangan ini dapat disaksikan oleh anak berusia 13-17 tahun (dikombinasi sebagai R-BO apabila mengharuskan adanya bimbingan orang tua).
D Dewasa Tayangan ini tidak diperbolehkan untuk anak-anak dan remaja, hanya boleh disaksikan oleh pemirsa berusia 18 tahun ke atas. Biasanya acara-acara dewasa ditayangkan pada pukul 22.00 hingga 03.00 waktu setempat.

Referensi[sunting | sunting sumber]