Parasyte: Part 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Parasyte: Part 2
Nama lain寄生獣 完結編
SutradaraTakashi Yamazaki
Skenario
Berdasarkan
Parasyte
oleh Hitoshi Iwaaki
PemeranShota Sometani
Penata musikNaoki Satō
SinematograferShoichi Ato
PenyuntingJunnosuke Hogaki
Perusahaan
produksi
  • Robot
  • Toho Pictures
  • Office Abe Shuji
DistributorToho
Tanggal rilis
  • 25 April 2015 (2015-04-25) (Jepang)
Durasi117 menit
Negara Jepang
BahasaJepang

Parasyte: Part 2 (Jepang: 寄生獣 完結編, Hepburn: Kiseijū Kanketsu-hen) adalah film horor aksi fiksi ilmiah tahun 2015 yang disutradarai oleh Takashi Yamazaki, dibintangi oleh Shota Sometani. Ini adalah film kedua dari dua film Parasyte, dan didahului oleh Parasyte: Part 1.[1][2]

Plot[sunting | sunting sumber]

Polisi menggunakan pembunuh berantai Uragami untuk mengidentifikasi parasit di antara manusia, karena ia memiliki kemampuan khusus untuk mendeteksi mereka; Namun, ia tidak dapat mengidentifikasi Shinichi Izumi dengan benar. Beberapa bulan setelah peristiwa film sebelumnya, Shinichi terus melacak dan membunuh parasit yang meneror dunia manusia untuk makanan, dengan bantuan dari Migi, parasit yang menginfeksi tangan kanannya. Dia mengetahui bahwa dia sedang dilacak oleh Shiro Kuramori, seorang reporter yang disewa oleh parasit Ryoko Tamiya. Shiro menemukan kebenaran tentang Migi, dan berencana untuk mengekspos Shinichi. Shinichi memberi tahu Shiro bahwa Tamiya adalah parasit, dan mendesaknya untuk berhenti terlibat demi keselamatannya. Sementara itu Tamiya, telah melahirkan putra manusianya dan perlahan-lahan belajar bagaimana menjadi seorang ibu, menjadi sangat protektif terhadap bayinya dan membunuh sesama parasit ketika mereka mengancamnya.

Terlepas dari peringatan Shinichi, Kuramori melanjutkan untuk merekam pembicaraannya dengan walikota Takeshi Hirokawa, yang diam-diam memimpin sebuah organisasi yang terdiri dari parasit. Hirokawa memerintahkan parasit untuk membunuh Kuramori, tetapi mereka hanya berhasil membunuh putrinya. Bersumpah membalas dendam, Kuramori menculik putra Tamiya dan memanggilnya ke taman agar dia bisa melihatnya membunuh bayi itu. Meskipun Tamiya dan Shinichi berusaha meyakinkannya sebaliknya, Kuramori hampir menyelesaikan rencananya, mengakibatkan kematiannya di tangan Tamiya. Ketika Tamiya kemudian mendekati Shinichi, polisi dengan fatal menembaknya. Alih-alih membela diri, Tamiya melindungi anaknya, menjelaskan kepada Shinichi bahwa dia sekarang tahu apa artinya menjadi manusia. Dia menyerahkan putranya kepada Shinichi sebelum meninggal, mengingatkan Shinichi pada ibunya sendiri.

Pada saat yang sama, sebuah tim dinas rahasia mengevakuasi balai kota setelah menemukan keberpihakan Hirokawa yang sebenarnya. Mereka mampu membunuh hampir semua parasit dan juga Hirokawa sendiri, yang ternyata adalah manusia yang mendukung parasit dan tidak mempercayai manusia. Parasit yang tersisa, Goto, ternyata terlalu kuat untuk tim, karena tubuhnya mengandung lima parasit. Dia membantai tim dan mulai mengejar Shinichi. Terpojok di hutan, Migi mengorbankan dirinya untuk memungkinkan Shinichi melarikan diri.

Shinichi berduka atas Migi dan dihibur oleh pacarnya, Satomi Murano. Keesokan paginya, Shinichi menemukan bahwa bagian dari Migi masih di tangan kanannya, berkat tubuhnya yang terinfeksi sel-sel Migi di film sebelumnya. Dia memikat Goto ke fasilitas pembuangan dan mampu melukai dirinya secara fatal. Pada awalnya enggan membunuhnya, Shinichi akhirnya memutuskan bahwa dia ingin melindungi orang yang dicintainya, dan menghabisi Goto. Kembali ke rumah, Migi memberi tahu Shinichi yang kecewa bahwa karena parasit telah mati, dia sekarang akan masuk ke hibernasi untuk mencapai evolusi, mungkin sampai pada titik di mana keduanya tidak akan pernah bertemu lagi, menghancurkan hati Shinichi.

Beberapa tahun kemudian, Shinichi dan Satomi mengunjungi putra balita Tamiya, yang sekarang bernama Taiki Tamiya. Setelah itu, Uragami muncul, menculik Satomi, dan membawanya ke atap. Dia menyatakan keyakinannya bahwa manusia adalah monster asli dan meminta pendapat Shinichi, karena dia yakin bahwa Shinichi adalah parasit. Namun, dengan dorongan Satomi, Shinichi menentang pendapat Uragami dan berhasil menyelamatkan Satomi dengan bantuan dari Migi, yang sejenak terbangun dari keadaan tidak aktifnya untuk membantunya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Edmund Lee dari South China Morning Post memberikan film 2 setengah bintang dari 5.[3] Elizabeth Kerr dari The Hollywood Reporter menggambarkannya sebagai "contoh utama pembuat film, rumah produksi dan distributor yang berharap memeras satu lagi box office yang hit. dari materi sumber mereka yang tidak selalu menuntutnya, hasil akhirnya menjadi perjuangan untuk konten ".[4] James Marsh dari Twitch Film merasa bahwa "unsur-unsur sci-fi, horor, dan petualangan dari kisah ini semuanya dikesampingkan di sini, dan hasilnya adalah pengalaman yang cukup mengecewakan, meskipun ada satu penahan sekilas tentang janji dan penemuan yang tersebar masih tersisa sebagian besar belum direalisasi. "[5] Mark Schilling dari The Japan Times berkata, "pesannya adalah bahwa manusia dan parasit adalah produk hidup dari alam semesta yang sama, menghadapi banyak masalah kelangsungan hidup yang sama, jika tidak menyelesaikannya dengan cara yang sama."[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Inside Yamazaki Takashi's Horror Hit "Parasyte" - An Interview with the Filmmaker (1/2)". Nippon.com. April 28, 2015. Diakses tanggal May 24, 2015. 
  2. ^ "Inside Yamazaki Takashi's Horror Hit "Parasyte" - An Interview with the Filmmaker (2/2)". Nippon.com. April 28, 2015. Diakses tanggal May 24, 2015. 
  3. ^ Lee, Edmund (May 7, 2015). "Film review: Parasyte - Completion, part 2 of sci-fi manga adaptation". South China Morning Post. Diakses tanggal May 24, 2015. 
  4. ^ Kerr, Elizabeth (May 11, 2015). "'Parasyte – Completion': Film Review". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal May 24, 2015. 
  5. ^ Marsh, James (April 27, 2015). "Udine 2015 Review: PARASYTE - COMPLETION, A Conclusion In Need Of A Pay-Off". Twitch Film. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-06-10. Diakses tanggal May 24, 2015. 
  6. ^ Schilling, Mark (April 22, 2015). "Surviving the night of the long tentacular knives in 'Parasyte: Part 2′". The Japan Times. Diakses tanggal May 24, 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]