Paper Towns (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Paper Towns
PaperTownsPoster2015.jpg
Poster film Paper Towns
SutradaraJake Schreier
ProduserMarty Bowen
Wyck Godfrey
SkenarioScott Neustadter
Michael H. Weber
BerdasarkanPaper Towns
oleh John Green
PemeranNat Wolff
Cara Delevingne
Halston Sage
Austin Abrams
Justice Smith
MusikSon Lux
SinematografiDavid Lanzenberg
PenyuntingJacob Craycroft
Perusahaan
produksi
Fox 2000 Pictures
Temple Hill Entertainment
TSG Entertainment
Distributor20th Century Fox
Tanggal rilis
  • 24 Juli 2015 (2015-7-24) (Amerika Serikat)
Durasi
109 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$12 juta[2]
Pendapatan kotor$85,512,300[2]

Paper Towns adalah film drama misteri romantis Amerika Serikat tahun 2015 yang disutradarai oleh Jake Schreier dan diproduseri oleh Marty Bowen dan Wyck Godfrey. Naskah film ini ditulis oleh Scott Neustadter dan Michael H. Weber berdasarkan novel Paper Towns karya John Green. Film ini dibintangi oleh Nat Wolff, Cara Delevingne, Halston Sage, Austin Abrams dan Justice Smith.

Film Paper Towns dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 24 Juli 2015.[3] Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Quentin "Q" Jacobsen (Nat Wolff) tinggal di seberang rumah Margo Roth Spiegelman (Cara Delevingne) di Jefferson Park, di Orlando, Florida. Margo adalah teman masa kecil Quentin selama sembilan tahun setelah mereka menemukan mayat seorang pria lokal, Robert Joyner (Lane Lovegrove), yang bunuh diri setelah perceraiannya. Tanpa sepengetahuan Margo, Quentin tergila-gila padanya sejak mereka menjadi tetangga. Setelah mencapai usia remaja, Margo menjadi salah satu gadis terkenal dengan jiwa petualang di Jefferson Park High School. Sebaliknya, Quentin sangat baik, namun ia tidak tegas dan tidak terkenal di antara teman-temannya. Teman-temannya adalah orang buangan juga, Benjamin "Ben" Starling (Austin Abrams) dan Marcus "Radar" Lincoln (Justice Smith).

Suatu malam, Margo memanjat melalui jendela Quentin dan merekrutnya untuk perjalanan pulang pergi dengan balas dendam sepanjang malam. Margo menemukan bahwa kekasihnya, Jason "Jase" Worthington (Griffin Freeman), tidak setia dengan salah satu teman Margo, Rebecca "Becca" Arrington (Caitlin Carver). Setelah membeli persediaan, mereka melakukan lelucon yang memalukan terhadap Jason dan Rebecca serta teman-teman mereka, termasuk sahabat baik Margo, Lacey Pemberton (Halston Sage). Margo menuduh Lacey tidak menceritakan tentang perselingkuhannya. Terungkap kemudian bahwa Lacey tidak menyadari perselingkuhan hingga ia dikerjai. Hal tersebut memberikan Quentin harapan bahwa ia akhirnya memiliki kesempatan untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dengan Margo. Quentin mulai belajar bagaimana menegaskan dirinya dan mengambil peluang.

Keesokan harinya, Margo tidak datang ke sekolah dan setelah beberapa hari, beberapa temannya menganggap bahwa Margo hilang, sementara temannya yang lain hanya menyimpulkan bahwa Margo pergi ke lokasi yang dirahasiakan. Orang tua Margo tidak akan melaporkannya ke polisi karena Margo telah melarikan diri dari rumah berulang kali sebelumnya dan mereka yakin putri mereka akan kembali pada akhirnya. Setelah melihat poster Woody Guthrie yang baru-baru ini terpasang di dinding kamar tidurnya, Quentin menyadari bahwa Margo dengan sengaja meninggalkan petunjuk baginya tentang ke mana ia akan pergi. Benjamin dan Marcus mulai mencari petunjuk lain dengan harapan menemukan Margo sehingga Quentin dapat mengakui perasaannya kepadanya. Quentin menyuap saudara perempuan Margo, Ruthie (Meg Crosbie) sehingga mereka dapat mencari petunjuk keberadaan Margo di kamarnya.

Ketika Quentin, Benjamin dan Marcus menghadiri pesta di rumah Jason, Lacey berseteru dengan Rebecca tentang pengkhianatannya terhadap Margo dengan Jason. Karena kesetiaannya terhadap Margo dan rasa jijiknya terhadap Rebecca dan pergaulan Jason, Lacey pergi dengan jijik. Quentin menemukan Lacey di kamar mandi dan mengenalnya, mengetahui bahwa di balik sifatnya yang dangkal, Lacey sebenarnya adalah seorang yang cerdas dan penuh kasih sayang, lalu mereka menjadi teman. Setelah menemukan lebih banyak petunjuk, Quentin mulai mengumpulkan teman-temannya dan membawa mereka ke toko hadiah lama di mal yang ditinggalkan. Mereka menemukan peta yang digunakan Margo dan menemukan bahwa ia telah bersembunyi di Agloe, sebuah kota fiktif yang terletak di negara bagian New York. Quentin dan teman-temannya, termasuk kekasih Marcus, Angela (Jaz Sinclair), memulai perjalanan dua hari untuk menemukan Margo, berharap dapat pulang tepat waktu untuk acara pesta sekolah mereka setelah mereka menemukannya. Mereka berada dalam perjalanan ketika Benjamin dan Lacey pergi ke pesta sekolah bersama, sementara Marcus dan Angela menjalin hubungan mereka.

Ketika mereka tidak menemukan Margo di mana mereka mengharapkannya, Quentin tetap tinggal, sementara teman-temannya yang lain kembali ke rumah dengan mobilnya. Quentin menemukan Margo di jalan dan mengakui perasaannya terhadap Margo, namun Margo tidak merasakan hal yang sama. Margo kabur dari rumah untuk menghindari orang tuanya yang lalai dalam upaya mencari tahu jati dirinya. Margo meninggalkan petunjuk untuk memberitahu Quentin bahwa Margo aman dan tidak mengajak Quentin untuk mengikuti Margo. Margo tetap di Agloe. Quentin memesan tiket pulang dengan bis dan mereka melakukan ciuman perpisahan. Sebelum Quentin pergi, Margo memberitahunya bahwa Margo telah melakukan kontak dengan Ruthie sejak ia meninggalkan Orlando. Kembali ke Orlando, Quentin menikmati pesta sekolah dengan teman-temannya. Setelah lulus, Quentin tetap menghabiskan waktu bersama mereka sepanjang musim panas sebelum mereka semua pergi kuliah.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Nat Wolff sebagai Quentin "Q" Jacobsen
    • Josiah Cerio sebagai Quentin muda
  • Cara Delevingne sebagai Margo Roth Spiegelman
    • Hannah Alligood sebagai Margo muda
  • Austin Abrams sebagai Benjamin "Ben" Starling
    • Kendall McIntyre sebagai Ben muda
  • Halston Sage sebagai Lacey Pemberton
  • Justice Smith sebagai Marcus "Radar" Lincoln
  • Jaz Sinclair sebagai Angela
  • Cara Buono sebagai Connie Jacobsen
  • Griffin Freeman sebagai Jason "Jase" Worthington
  • Caitlin Carver sebagai Rebecca "Becca" Arrington
  • Meg Crosbie sebagai Ruthie Spiegelman
  • Susan Macke Miller sebagai Debbie Spiegelman
  • Tom Hillmann sebagai Hank Spiegelman
  • RJ Shearer sebagai Chuck Parson
  • Jim Coleman sebagai Detektif Otis Warren
  • Lane Lovegrove sebagai Robert Joyner
  • Stevie Ray Dallimore sebagai Josh Jacobsen
  • Ansel Elgort sebagai Mason (kameo)
  • John Green sebagai Dwight Arrington

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Paper Towns mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 56%, berdasarkan 131 ulasan, dengan rating rata-rata 5.8/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 56 dari 100, berdasarkan 34 kritik, menunjukkan "ulasan rerata".[5] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[6]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Paper Towns mendapatkan $32,000,304 di Amerika Utara dan $53,511,996 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $85,512,300, melebihi anggaran produksi film $12 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $12,650,140, menempati posisi keenam di box office di belakang film Ant-Man, Pixels, Minions, Trainwreck dan Southpaw.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Paper Towns (12A)". British Board of Film Classification. July 16, 2015. Diakses tanggal July 17, 2015. 
  2. ^ a b c d "Paper Towns (2015)". Box Office Mojo. Diakses tanggal November 10, 2015. 
  3. ^ Lesnick, Silas (March 4, 2015). "20th Century Fox Shifts Dates for Spy, Poltergeist and Paper Towns". ComingSoon.net. Diakses tanggal March 9, 2015. 
  4. ^ "Paper Towns (2015)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "Paper Towns reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  6. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]