Papan seluncur salju

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Papan seluncur salju (ski).

Ski atau Papan seluncur salju adalah alat seluncur yang terbuat dari kayu, plastik, logam atau kombinasinya yang dipakai dengan menginjakkan kaki di atasnya untuk meluncur di atas salju. Kebanyakan ski lebih panjang bukannya lebar dan biasanya digunakan berpasangan, ski melekat pada sepatu bot dengan ikatan, baik dengan bebas, dapat dikunci, atau melekat permanen di tumit.

Alat ini awalnya dimaksudkan sebagai bantuan untuk perjalanan di atas salju, sekarang banyak digunakan untuk rekreasi dalam olahraga ski.

Kegunaan lainnya[sunting | sunting sumber]

Pada kendaraan[sunting | sunting sumber]

Mobil salju (snow mobile).

Ski juga dipasang pada kendaraan yang didedikasikan untuk perjalanan di atas salju seperti snowmobile, snowcat, snow coach, dan pesawat terbang. Dalam beberapa bahasa (apalagi bahasa Skandinavia) ada kata khusus untuk papan dipasang pada kendaraan, misalnya dalam bahasa Swedia: "skida" = alat olahraga, papan dipasang pada kaki, sementara "med" = bagian kendaraan.

Pada militer[sunting | sunting sumber]

Pasukan infanteri ski Norwegia.

Pasukan infanteri ski digunakan dalam beberapa pertempuran besar seperti peperangan era Napoleon, perang dunia I, dan perang dunia II. Sekarang pasukan infateri ski juga didukung oleh transportasi salju lainnya.