Pantai Panjang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pantai panjang)
Pantai Panjang
Tulisan Pantai Panjang
Tulisan Pantai Panjang
Negara Indonesia
ProvinsiBengkulu
KepulauanSumatra
Luas
 • Total3,5 km2 (14 sq mi)
Dimensi
 • Panjang7 km (4 mi)
 • Lebar0,5 km (3 mi)
Zona waktuUTC+7 (WIB)

Pantai Panjang merupakan pantai yang berada di Provinsi Bengkulu. Pantai ini memiliki garis pantai yang mencapai 7 km dan lebar pantai sekitar 500 meter. Pantai Panjang terletak di Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Segara, & Kecamatan Ratu Samban.

Kondisi Umum[sunting | sunting sumber]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Pantai Panjang merupakan pantai yang berada di Provinsi Bengkulu. Letaknya sekitar 4 km dari pusat kota. Pantai ini memiliki garis pantai yang mencapai 7 km dan lebar pantai sekitar 500 meter. Pantai Panjang terletak di Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Segara, & Kecamatan Ratu Samban.[1] Pantai Panjang terletak sejajar dengan Pantai Tapak Paderi dan Pantai Zakat.

Batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Arah Batas Wilayah
Utara Daerah Kelurahan Penurunan
Selatan Samudera Hindia
Barat Kelurahan Sumur Meleleh, Pasar Pantai Malabro
Timur Daerah Lempuing, Nusa Indah

Objek Wisata[sunting | sunting sumber]

Pantai Panjang sering dimanfaatkan oleh wisatawan dan masyarakat sekitar. Di sana terdapat Sport Center sehingga masyarakat dapat melakukan kegiatan olahraga seperti voly pantai, berjalan, dan berselancar. Di pagi dan sore hari biasanya pantai akan dipenuhi oleh masyarakat yang melakukan jogging di pinggir pantai. Ombak di Pantai Panjang banyak dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berselancar. Pantai Panjang yang ada di Bengkulu ini mempunyai banyak fasilitas diantaranya terdapat restoran, cafe, penginapan, area bermain, pusat perbelanjaan, hingga fasilitas untuk olahraga.
[2][3][4]

Rute Perjalanan[sunting | sunting sumber]

Untuk menuju ke lokasi Pantai Panjang, terdapat berbagai macam fasilitas transportasi yang tersedia di pusat Kota Bengkulu. Berbagai macam fasilitas transportasi yang tersedia dapat dimanfaatkan dari mulai transportasi umum, hingga kendaraan sewaan. Pantai Panjang dapat ditempuh sejauh 3 Km dari pusat Kota Bengkulu. Rutenya yaitu Jl.Fatmawati - Jl.Ratu Agung - Jl.Samudra - Jl.Parawisata.

Cerita Mistis[sunting | sunting sumber]

Diceritakan dari penuturan warga sekitar bahwa terdapat roh gaib yang sudah lama berada di Pantai Panjang sejak lama. Di pantai tersebut terjadi insiden seseorang ingin melakukan bunuh diri, tetapi tindakan tersebut dapat dicegah oleh petugas keamanan. Masyarkat beranggapan bahwa orang tersebut merupakan korban dari mahluk gaib yang menunggu di Pantai Panjang.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ lokasi pantai panjang
  2. ^ "Keindahan wisata Pantai Panjang Bengkulu". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-10-09. Diakses tanggal 2016-10-08. 
  3. ^ Pantai panjang
  4. ^ Wisata Pantai Panjang
  5. ^ "Cerita Mistis Pantai Panjang". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-21. Diakses tanggal 2016-11-21.