Pantai kasap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Pantai kasap[sunting | sunting sumber]


Pacitan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur. Pacitan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Letak geografis Kabupaten Pacitan yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia membuat Pacitan memiliki keindahan Pantai yang elok dan membuat para pelancong tertarik dan menjadikan Pacitan sebagai tujuan wisata untuk mengisi liburan atau sekadar menikmati keindahan alam yang menakjubkan

Pantai Kasap merupakan salah satu pantai di paitan. Secara administratif terletak di wilayah Kecamatan Pringkuku tepatnya di Dusun Ketro, Desa Watukarung. Pantai Kasap penampakannya mirip dengan Kabupaten Raja Ampat yang memiliki pulau pulau kecil di tengah laut. Oleh karena itu, warga menyebutnya sebagai Raja Ampatnya Pacitan.

Akses ke Pantai Kasap[sunting | sunting sumber]

Untuk menuju Pantai Kasap ini jalurnya sama dengan ke Pantai Seruni. Ada dua rute yang bisa dilalui, yaitu: Arah barat Solo-Jogja lewat jalur ke Goa Gong. Dari kota mana pun masuk jalur Pacitan – Solo dan belok di Kecamatan Punung tepatnya barat pasar (dekat masjid) yaitu pertigaan ke Goa Gong, kalau dari arah Solo belok kanan.

Ikuti jalan hingga sampai di pertigaan komplek Goa Gong, lalu belok kanan ikuti jalan ke Pantai Klayar atau Desa Kalak hingga sampai di perempatan kalak belok kiri. Ikuti terus jalan utama, ketika sampai di pertigaan ke Klayar, ambil jalan yang lurus saja. Ikuti terus jalur utama arah Pantai Watukarung/ Pantai Srau hingga bertemu pertigaan arah Watukarung belok kanan, ikuti terus jalan utama hingga bertemu lokasi tiketing masuk Pantai Watukarung. Setelahnya, Ikuti jalan ke kiri di depan lokasi tiket masuk Watukarung itu melewati jembatan (bersambung jalan rabat) hingga bertemu papan kecil non permanen ke pantai Kasap di kanan jalan. Di situ, parkir lalu jalan kaki melewati jalan setapak di sisi kanan jalan itu maka akan sampai di Pantai Kasap.[1]

Bila rute pertama dianggap membingungkan maka ada rute lain yang lebih mudah, yakni dari kota Pacitan melalui jalur bus terus ikuti arah Pantai Srau yaitu sampai pertigaan Pringkuku belok ke arah kiri. Terus sampai pertigaan lagi belok ke arah kanan ikuti saja arah Watukarung atau Klayar. Pilih arah Watukarung yang berbelok kiri, terus sampai bertemu persimpangan bertuliskan pantai Sruni, Kasap belok ke kiri setelah lokasi tiket masuk pantai Watukarung, lalu lanjutkan seperti rute opsi pertama diatas.[2] Jarak dari pusat kota pantai kasap dengan pusat kota pacitan sekitar 26 km dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam, jalur dari pusat kota pacitan. Tiket masuk pantai Kasap dengan Pantai Watukarung berada dalam 1 tempat, maka dari itu ketika membeli tiket ke pantai kasap juga bisa masuk ke daerah wisata pantai Watukarung.

Karakteristik pantai kasap[sunting | sunting sumber]

Pantai Kasap memiliki karakteristik yang sama seperti pantai selatan lainnya yaitu memiliki pantai pasir putih dan ombak yang dahsyat, Pantai Kasap berada diantara beberapa pantai, yaitu Pantai Watukarung, Pantai Seruni dan Pantai Srau. Garis Pantai Kasap sempit dengan teluk berpasir yang berbentuk melengkung dan diapit tebing di sebelah kiri dan kanan.

Ketika pengunjung berada lokasi wisata bakal merasakan angin sepoi-sepoi yang sangat segar dan sehat, sembari menikmati pemandangan Kasap beach di Pacitan diiringi oleh suara deburan ombak pantai yang memutih. Satu view yang sangat memukau di Pantai Kasap adalah adanya bukit bukit di tengah laut dan untuk bisa menikmati keindahannya pengunjung harus menaiki bukit sampai di puncaknya.

Pantai ini masih tergolong alami dan belum di kelola penuh oleh pemerintah. Pantai ini memang belum banyak dikunjungi orang. Di tepi pantai pengunjung bisa bersantai merasakan angin yang semilir sambil menikmati deburan ombak Pantai Selatan. Tak hanya itu, jika ke sana pada sore hari, bisa menyaksikan sunset dari bukit sekaligus mangabadikannya dengan kamera.

  1. ^ https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jawa-timur/pantai-kasap-pesona-raja-ampatnya-pacitan.html?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C7164681933
  2. ^ http://www.datawisata.com/pantai-kasap-pacitan

Templat:Tempat wisata