Pantai Mingar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pantai Mingar adalah sebuah pantai yang terletak di desa mingar, kecamatan nagawutung kabupaten lembata, Nusa Tenggara Timur. Jarak pantai ini dari kota lewoleba sekitar 20 km.[1] Transporasi ke pantai ini memakan waktu sekitar 1,5 jam, namun bisa menjadi lebih lambat karna akses jalan yang rusak. Rute jalan menuju pantai ini dari kota lewoleba melewati jalan trans lembata menuju ke arah barat melewati lapangan harnus- pantai sgb bungsu-pasar pada-pelabuhan very-kuma resort-pantai waijarang-bukit doa-bukit cinta-pantai mingar, atau bisa menggunakan google maps.

Pemandangan[sunting | sunting sumber]

Ketika memasuki kawasan objek wisata Pantai Mingar ini pengunjung akan disuguhkan potret gagahnya pulau swanggi yang berada tepat di depan pantai ini. Selain itu, didalam objek wisata ini terdapat gelombang yang tinggi sehingga bisa dilakukannya aktivitas olahraga laut seperti selancar,norkling, driving, dan berjemur. Pantai ini juga memiliki pasir putih dengan panjang sekitar 5 kilo meter. Pasir dipantai ini memiliki keunikan yakni akan berwarna putih ketika memasuki bulan april hingga januari. Namun pada saat bulan februai dan maret pasirnya berubah menjadi hitam dan banyak batu karang.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Tidak ada biaya masuk menuju pantai ini. Di pantai ini terdapat fasilitas berupa "lopo" untuk beristirahat dan bersantai. Jauh dari kota Lewoleba, disekitar pantai ini tidak mempunyai tempat penginapan. Di sekitar pantai ini tidak terdapat supermarket maupun pasar sehingga ketika menuju kesini dianjurkan membawa bekal agar tidak lapar ketika berlaa-lama disana.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Keda, Ola; Wib, 06:00. Syaiful, Anri; Mahbub, Harun, ed. "Pagi Indah di Mingar Lembata, Pantai yang Kerap Berubah Wujud". Liputan6.com. Diakses tanggal 2018-12-29.