Pantai Karang Jahe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pantai Karang Jahe adalah objek wisata alam berupa pantai yang berpasir putih yang terletak di desa Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Pantai ini membentang sepanjang 3 kilometer, dan memiliki khas yaitu memiliki banyak karang kecil yang berbentuk seperti tanaman jahe sehingga dinamakan pantai Karang Jahe. Pantai ini memiliki pasir putih yang dan ombak yang tenang. Pantai ini dapat dicapai dengan kendaraan selama 3 jam (125 KM) dari pusat Kota Semarang ke arah Kota Surabaya jika memakai kendaraan pribadi.

Keistimewaan[sunting | sunting sumber]

Di pantai Karang Jahe ini, pengunjung dapat menikmati panorama laut yang berwarna biru yang indah. biasanya pantai khas dengan orang-orang berjemur, di pantai Karang Jahe uniknya orang-orang dapat bersantai di bawah teduhnya pohon cemara yang tumbuh sepanjang pesisir pantai dengan perkiraan panjang 1 KM.

Air laut di pantai ini cukup jernih dan bersih, sehingga sangat mendukung aktivitas pengunjung yang ingin berenang di tepi pantai. Ombak di pantai ini relatif kecil sehingga sangat cocok untuk bermain air bersama keluarga atau teman-teman. Di pantai ini sangat indah jika melihat detik-detik terbenamnya matahari di balik pulau-pulau yang terdapat di sekitar kawasan pantai ini. Pengunjung dapat menikmatinya dari pinggir pantai atau dari bawah pohon cemara yang banyak terdapat di kawasan tersebut. Di pantai ini juga pengunjung dapat melihat-lihat kehidupan masyarakat desa yang tidak terlalu jauh dari lokasi pantai serta dapat sekaligus mengunjungi situs perahu kuno.

Akses[sunting | sunting sumber]

Kabupaten Rembang berjarak sekitar 134 kilometer dari Kota Semarang, ibu kota provinsi Jawa Tengah. Dari pusat Kabupaten Rembang, pengunjung dapat menaiki kendaraan pribadi, atau taksi untuk sampai ke Pantai Karang Jahe.

Akomodasi dan Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Di kawasan Pantai Karang Jahe terdapat pusat informasi pariwisata, persewaan perahu motor, ATV, mini tril, kawasan bermain anak, tempat bersantai, dan toko suvenir. Pengunjung yang tidak suka berenang ataupun berjemur dapat mengelilingi pantai dengan menaiki perahu pisang (banana boat). Pengunjung yang membawa anak-anaknya tetap bisa bersenang-senang karena di kawasan ini tersedia arena bermain anak-anak.

Pengunjung juga tidak akan kesulitan mencari makanan, karena di kawasan ini terdapat warung makan, dan pedagang asongan. Begitu juga yang ingin menginap, tidak perlu susah untuk membawa tenda ataupun kantong tidur, karena daerah Kabupaten Rembang memiliki banyak sekali penginapan dengan jarak tempuh hanya dengan 20 menit.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. https://www.pantainesia.com/pantai-karang-jahe
  2. http://cagarbudaya.kemdikbud.go.id/cagarbudaya/detail/PO2016071100015/perahu-kuno-rembang