Panitia Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Panitia Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo
公益財団法人東京オリンピック・パラリンピック競技大会組織委員会
Markas Besar Harumi Island Triton Square
Office Tower Y Building (Gedung Pusat)
Tanggal pendirian24 Januari 2014; 10 tahun lalu (2014-01-24)[1]
TipePerusahaan terbatas jaminan
Kantor pusatTokyo
Presiden
Seiko Hashimoto
Situs webhttps://tokyo2020.org/en/

Panitia Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo (公益財団法人東京オリンピック・パラリンピック競技大会組織委員会, Koueki Zaidanhōjin Tōkyō Orinpikku Pararinpikku Kyōgitaikai Soshiki Iinkai) (TOCOG) adalah organisasi yang bertanggung jawab untuk mengawasi perencanaan dan pengembangan Olimpiade dan Paralimpiade Musim Panas 2020.[2]

Formasi[sunting | sunting sumber]

Komite Penyelenggara diluncurkan pada 24 Januari 2014, dan terdiri dari anggota Komite Olimpiade Jepang, Komite Paralimpiade Jepang, Pemerintah Metropolitan Tokyo, pemerintah Jepang, serta anggota berbagai organisasi dan individu dari berbagai bidang. Itu dipelopori oleh mantan Perdana Menteri Yoshirō Mori hingga pengunduran dirinya pada tahun 2021, dengan Toshirō Mutō sebagai Direktur Jenderal (CEO) dan mantan Perdana Menteri Shinzō Abe sebagai Penasihat Tertinggi.

Mori mengajukan pengunduran dirinya sebagai ketua komite pada 12 Februari 2021 menyusul pernyataan yang dia buat dalam pertemuan minggu sebelumnya yang dianggap sebagai seksis.[3] Pada tanggal 18 Februari, Olimpian tujuh kali dan anggota parlemen LDP Seiko Hashimoto diperkenalkan sebagai presiden baru komite.[4] Hashimoto adalah wanita pertama yang mengepalai TOCOG.

Sebelum menduduki jabatan presiden komite, Hashimoto bertugas di Kabinet Jepang sebagai Menteri Negara untuk Olimpiade Tokyo dan Paralimpiade. Anggota parlemen LDP Tamayo Marukawa dipilih untuk menggantikan Hashimoto dalam peran Kabinet.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 一般財団法人東京オリンピック・パラリンピック競技大会組織委員会が設立! Diarsipkan 2017-11-16 di Wayback Machine. 東京オリンピック・パラリンピック競技大会組織委員会、2014年1月24日
  2. ^ Harada, Munehiko (9 September 2013). "秘策で決めた 東京五輪招致 オールジャパン戦略で世界に実力を". Yomiuri Shimbun (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal 17 November 2013. 
  3. ^ "Tokyo Olympics head quits over sexism row with no successor in sight". Kyodo News. 12 February 2021. Diakses tanggal 12 February 2021. 
  4. ^ a b "Female ex-Olympic athlete Hashimoto takes over as Tokyo Games chief". english.kyodonews.net. Kyodo News. 18 February 2021. Diakses tanggal 18 February 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]