Panitia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Panitia atau komite (Inggris: committee) adalah suatu badan yang terdiri dari satu orang atau lebih yang berada di bawah majelis musyawarah. Sebuah panitia sendiri tidak dianggap sebagai suatu bentuk majelis. Biasanya, majelis mengirimkan permasalahan tersebut ke sebuah panitia sebagai cara untuk menyelidiki permasalahan tersebut secara lebih mendalam daripada yang mungkin dilakukan jika majelis itu sendiri yang mempertimbangkannya. Panitia-panitia mungkin mempunyai fungsi dan jenis pekerjaannya yang berbeda-beda, bergantung pada jenis organisasi dan kebutuhannya.

Seorang anggota badan legislatif dapat didelegasikan tugas panitia, yang memberi mereka hak untuk bertugas di panitia tertentu.[1]

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Majelis permusyawaratan dapat membentuk suatu panitia (atau "komisi") yang terdiri dari satu orang atau lebih untuk membantu pekerjaan majelis. [2] Untuk organisasi yang lebih besar, banyak pekerjaan yang dilakukan dalam suatu panitia. [3] Panitia dapat menjadi cara untuk secara formal mengumpulkan orang-orang dengan keahlian yang relevan dari berbagai bagian organisasi yang tidak memiliki cara yang baik untuk berbagi informasi dan mengoordinasikan tindakan. Mereka mungkin mendapat keuntungan karena memperluas sudut pandang dan membagi tanggung jawab. Mereka juga dapat ditunjuk bersama para ahli untuk merekomendasikan tindakan dalam hal-hal yang memerlukan pengetahuan khusus atau pertimbangan teknis.

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Komite dapat menjalankan beberapa fungsi berbeda:

Tata Kelola
Dalam organisasi yang dianggap terlalu besar bagi semua anggota untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan yang mempengaruhi organisasi secara keseluruhan, badan yang lebih kecil, seperti dewan direksi, diberikan kekuasaan untuk membuat keputusan, membelanjakan uang, atau mengambil tindakan. Komite tata kelola dibentuk sebagai komite terpisah untuk meninjau kinerja dewan dan kebijakan dewan serta menominasikan calon dewan. [4]
Koordinasi dan administrasi
Sebuah badan yang besar mungkin memiliki komite yang lebih kecil dengan fungsi yang lebih terspesialisasi. Contohnya adalah komite audit, komite pemilihan umum, komite keuangan, komite penggalangan dana, dan komite program. Konvensi besar atau konferensi akademis biasanya diselenggarakan oleh komite koordinasi yang diambil dari keanggotaan organisasi tersebut.
Penelitian dan rekomendasi
Komite dapat dibentuk untuk melakukan penelitian dan membuat rekomendasi mengenai proyek atau perubahan yang potensial atau direncanakan. Misalnya, sebuah organisasi yang mempertimbangkan investasi modal besar mungkin membentuk komite kerja sementara yang terdiri dari beberapa orang untuk meninjau pilihan dan membuat rekomendasi kepada manajemen tingkat atas atau dewan direksi.
Disiplin
Sebuah komite disiplin dapat digunakan untuk menangani prosedur disipliner terhadap anggota organisasi. [5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Robert 2011, hlm. 489
  2. ^ Robert, Henry M.; et al. (2011). Robert's Rules of Order Newly Revised (edisi ke-11th). Philadelphia, PA: Da Capo Press. hlm. 489. ISBN 978-0-306-82020-5. 
  3. ^ Robert 2011, hlm. 490
  4. ^ Walker, Dick; Bauser, John (April 2012). "So You Need (to Improve) a Governance Committee?". guidestar.org. GuideStar. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 June 2017. Diakses tanggal 17 December 2015. 
  5. ^ Robert 2011, hlm. 669